Universitas Amikom dan Nelnet International Teken MoU

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Tantangan yang harus dihadapi oleh pengelola perguruan tinggi saat ini semakin beragam. Untuk bisa eksis dalam persaingan mereka tidak sekadar dituntut menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompeten, tapi juga mengembangkan jejaring dengan di dunia internasional, seperti yang dilakukan oleh ‎Universitas Amikom Yogyakarta. Salah satu cara yang dilakukan melalui penandatangan kerja sama antara Universitas Amikom dengan Nelnet International di kampus Amikom, Senin (15/11).

“Kami terus berupaya memperluas jejaring dan meningkatkan berbagai macam kerja sama di level internasional. Karena Amikom bertekad untuk menjadi universitas berkelas dunia salah satunya dengan bekerjasama dengan Nelnet International yang memiliki izin pendidikan jarak jauh dan hal itu akan kami optimalkan‎. Jadi tidak hanya di Indonesia tapi diberbagai negara yang ada dibelahan dunia. Karena salah satu penilaian dari world University jika ada dimana-mana. Amikom akan berusaha menjadi salah satu PT yang top dari 33 PT di dunia,”kata Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof Dr M Suyanto di kampus Amikom Yogyakarta, Senin (15/11).‎

Menurut Suyanto, MoU dengan Nelnet Internasional merupakan upaya Universitas Amikom Yogyakarta dalam memperbanyak mitra-mitra internasional melalui berbagai bentuk jalinan kerja sama dengan berbagai perusahaan di Hollywood, Silicon Valley serta berbagai sentra bisnis global lainnya.

Terjadinya pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 lalu, semakin mendorong Universitas Amikom Yogyakarta untuk beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi serta jalinan relasi yang luas. Itulah kenapa Amikom banyak menjalin kerja sama dengan dunia kerja dan dunia industri internasional dalam rangka optimalisasi Sumber Daya Manusia.

Sementara itu International Sales Manager, Senior Vice President II Facts, Nelnet’s Global Arm, Mark Wile‎ menyatakan,
‎menyambut baik adanya kerja sama tersebut. Pihaknya tertarik melakukan kerja sama dengan Amikom karena Amikom memiliki banyak kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh PT lain. Sedangkan berbagai layanan dari FACTS, sebagai salah satu perusahaan Nelnet yang fokus pada layanan pendidikan yang komprehensif untuk mahasiswa.Meliputi manajemen biaya kuliah, sistem informasi siswa, administrasi dan pemrosesan pembayaran, penilaian kebutuhan keuangan, dan solusi penerimaan/pendaftaran online.

Kerja sama dengan Nelnet Internasional itu berfokus pada berbagai layanan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas layanan perguruan tinggi. Seperti melalui workshop, beasiswa, platform pinjaman, serta berbagai kolaborasi lain yang menguntungkan kedua instansi.

“Dalam acara ini, Nelnet Internasional juga bekerjasama dengan salah satu Badan usaha milik Amikom, Time Excelindo (TE). TE akan Mendukung penuh kerjasama itu baik dari sisi bisnis, baik terkait joint produk, join Collaboration, serta berbagai peluamg bisnis yang muncul dari kerjasama tersebut,”terang Mark Wile yang mengaku kagum atas capaian yang ditorehkan Amikom, Terutama, karena mereka telah berada dalam episentrum kewirausahaan kreatif. (Ria)

BERITA REKOMENDASI