Unjaya Berharap Mahasiswa Baru Lahirkan ‘A Voice of Change’

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Jendral Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya) menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Universitas (PKKMB) Tahun Akademik 2021/2022 yang dimulai pada tanggal 3-8 September 2021. 1.068 mahasiswa baru diajak menyelami diri melahirkan leadership, serta suara untuk perubahan.

Tema PKKMB Unjaya tahun ini mengambil tajuk Leadership: A Voices of Change, di mana tema tersebut dimaksudkan agar mahasiswa dapat memiliki jiwa kepemimpinan dan menjadi sosok agen perubahan penerus bangsa. ketua Pelaksanaan PKKMB Unjaya tahun 2021 Wahyu Adi Mudiparwanto mengatakan leadership atau kepemimpinan merupakan suatu pondasi dalam mengembangkan berbagai skill antara lain mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan berbagai tugas yang sudah direncanakan.

“Hal tersebut akan membuat mahasiswa memiliki tujuan yang pasti dan memiliki integritas individu. Jika hal ini dapat tercapai, maka diharapkan mahasiswa mampu membuat perubahan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri, kelompok, keluarga, bangsa, dan negara ini,” ungkapnya pada KRJOGJA.com, Jumat (10/09/2021).

Pelaksanaan PKKMB Unjaya tahun ini diketuai oleh Masta Hutasoit, (Dosen Prodi Keperawatan Unjaya) dan dibuka oleh Rektor Unjaya Dr Djoko Susilo. Pada tahun ini jumlah mahasiswa peserta berjumlah 1068 dan acara digelar secara daring melalui platform youtube dan zoom.

PKKMB tahun ini diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru Unjaya dari tiga fakultas yakni Teknik dan Teknologi Informasi, Ekonomi dan Sosial serta Fakultas Kesehatan, yang seluruhnya terbagi menjadi 17 program studi.

Rektor Unjaya, Dr Djoko Susilo menyampaikan, bekal awal yang diberikan dalam PKKMB bagi para mahasiswa baru diharapkan menjadi bekal dalam menempuh pendidikan dan nantinya menjadi alumni memiliki adab yang luhur, keluhuran akhlak, ilmu yang luas, serta cintah tanah dan air.

“Mahasiswa juga diharapkan memiliki daya saing global yang mewarisi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani. Melalui tema Leadership: A Voices of Change yang diangkat pada pembukaan PKKMB kali ini memiliki maksud dan tujuan agar para mahasiswa dapat memiliki jiwa kepemimpinan. Leadership atau kepemimpinan merupakan suatu pondasi dalam mengembangkan berbagai skill yaitu antara lain mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi, dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan berbagai tugas yang sudah direncanakan,” tegas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI