Untar Bantu Detoksifikasi para Lansia, Begini Langkahnya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kebijakan pemerintah memperbolehkan warga membuka masker di ruang terbuka dan vaksinasi booster (penguat) sangat menguntungkan kaum lansia. Kehidupan sehari-hari yang terkungkung, karena belakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kini mereka bisa keluar rumah dengan lebih leluasa.

Guna membantu para lansia lepas dari ‘kungkungan’ pandemi, Universitas Tarumanagara (Untar) melaksanakan pengabdian masyarakat dengan mengajak kelompok Senam Lansia Cempaka Bausasran Yogyakarta, berekreasi ke kampung Flory Sleman Yogyakarta. Di lokasi penuh taman bunga ini, Selasa (7/6/2022), 24 orang lansia juga berolahraga senam bersama.

“Senam bersama di lingkungan asi setelah dua tahun terkungkung pandemi menjadi begitu berarti. Berolahraga senam bersama di tempat indah dan nyaman ini merupakan detoksifikasi, mengeluarkan racun dari dalam tubuh sekaligus melancarkan proses pembuangannya, ujar Wakil Untar, Doddy Salman, ” Kamis (9/6/2022).

Suasana lingkungan asri Taman Flory diharapkan memberikan suasana batin positif setelah lebih dari dua tahun menjaga jarak dan mengurangi mobilitas. Suasana yang nyaman menggembirakan para lansia. Terlihat dari keceriaan mereka, baik saat senam maupun menikmati keindahan taman.

Hingga tahun 2021 Badan Pusat Statistik (BPS) D.I Yogyakarta menyatakan 15,75% penduduk adalah lansia. Ini artinya hampir 600 ribu penduduk propinsi D.I Yogyakarta berusia lebih dari 60 tahun.(Jon)

BERITA REKOMENDASI