Untuk Kali Pertama, PPP Serahkan Sapi ke PP Muhammadiyah

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Seekor sapi metal berwarna coklat dengan ukuran cukup besar terlihat di halaman kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Di Tiro Yogyakarta, Jumat (1/9/2017) siang. Di badan sapi yang diketahui dibeli dari peternak Kebumen tersebut tampak tertera tulisan berwarna hijau "DPP PPP". 

Ternyata sapi tersebut adalah pemberian dari DPP PPP yang secara langsung diserahkan oleh Muhammad Romahurmusiy (Rommy) Ketua DPP PPP. Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum dan HAM Busyro Muqoddash menerima penyerahan simbolis tersebut seusai menjalankan ibadah Sholat Jumat. 

Kepada wartawan, Rommy mengungkap penyerahan sapi tersebut adalah murni niat PPP untuk melaksanakan kurban di hari raya Idul Adha sekaligus bersilaturahmi pada PP Muhammadiyah. Menurut dia, esensi terpenting dari berkurban di saat Idul Adha adalah membangun kedekatan baik pada Allah maupun sesama manusia. 

"Kami ingin membangun kedekatan pada Allah sesuai makna Hambluminallah sekaligus mengungkapkan keikhlasan dalam rangka melaksanakan Habluminannas. Kami mempercayakan kurban ini pada PP Muhammadiyah yang pasti akan meneruskan pada masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Rommy juga menyampaikan harapan agar masyarakat Indonesia kembali mengingat makna Idul Adha yang dahulu diajarkan Nabi Ibrahim Allahisalam. Pengorbanan dan ketaatan Ibrahim dengan bersedia mengurbankan sesuatu yang amat berharga adalah sebuah tauladan untuk diterapkan pada kehidupan berbangsa di Indonesia yang belakangan mendapat ancaman dari berbagai ideologi dunia. 

"Ibrahim rela mengurbankan Ismail ketika Allah menghendaki, ini adalah wujud ketulusan dan keiklasan. Di masa saat ini, sangat tepat apabila kita semua kembali melaksanakan ketaatan,  ketulusan dan keikhlasan dengan menyadari bahwa segala hal dunia yang kita miliki termasuk harta atau jabatan adalah sepenuhnya milik Allah," sambungnya. 

Sementara secara terpisah Busyro Muqoddash menyampaikan terimakasih atas pemberian hewan kurban berupa sapi dari DPP PPP. Menurut Busyro, pemberian hewan kurban oleh PPP pada PP Muhammadiyah baru kali pertama dilaksanakan setelah beberapa tahun kebelakang. 

"Ya, ini adalah ibadah PPP dengan menyerahkan pada kami, dan kami akan tetap konsisten menjaga khitah. Ini tadi juga sekalian silaturahmi, kami mengobrol biasa saja dan baru ini saja setahu saya (memberikan hewan kurban). Kami sampaikan terimakasih dan sapi ini langsung dibawa ke Kulonprogo untuk dipotong," ungkapnya. 

Buysro sendiri menilai makna berkurban adalah tentang meredakan egoisme manusia yang di masa saat ini semakin terlihat di hampir semua segi kehidupan. "Berkurban ini mengingatkan manusia untuk tidak mengedepankan egoismenya. Saat ini semua lekat dengan egoisme seperti  politisi, penguasa dan bahkan pebisnis. Jadi makna Idul Adha dengan berkurban ini adalah waktu yang tepat untuk mengingatkan kembali," pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI