Untuk Keluar dari Pandemi, Perlu Saling Percaya dan Melindungi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Forum 2045 berpandangan Pandemi Global COVID-19 (Pandemi) merupakan agenda bangsa. Oleh sebab itu, yang bisa menyelesaikan secara tuntas adalah bangsa Indonesia sendiri.

“Namun kita semua menyadari bahwa Pandemi, tidak hanya perlu penyelesaian nasional, namun juga berupa penyelesaian global. Artinya, usaha bangsa untuk mengatasi Pandemi di tingkat nasional, harus diletakkan sebagai sumbangan bangsa Indonesia untuk penyelesaian global,” kata Ketua Forum 2045, Dr Untoro Hariadi dalam siaran pers, Senin (16/08/2021).

Dijelaskan, bangsa Indonesia telah hampir satu setengah tahun berada dalam Pandemi, sejak kasus pertama diumumkan. Kini, kita bersama tengah masuk dalam agenda baru, yang semula berupa untuk mencegah penularan melalui pembatasan, kini tengah masuk ke dalam babak baru, yakni membangun kekebalan komunitas.

Vaksinasi sebenarnya merupakan salah satu langkah dan bukan satu-satunya langkah. Agar program ini bisa dicapai, vaksinasi perlu didukung oleh: (1) disiplin prokes yang didukung oleh 3T yang kuat dan cepat; (2) tentu kualitas vaksin.

Bagi kita semua, lanjutnya, dalam momentum peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan, sangat baik jika energi sejarah digunakan untuk mendorong kemampuan bangsa untuk lebih segera menyelesaikan Pandemi, baik lewat pembangunan kekebalan kelompok, maupun melalui pembentukan normalitas baru. Dengan itu, diharapkan angka penularan semakin kecil, dan perlahan-lahan hilang atau putus mata rantai penyebaran virus.

Sejarah mengajarkan bahwa dalam masa perjuangan yang dibutuhkan adalah saling percaya, saling kerjasama dan saling melindungi serta saling respect satu sama lain. Kemerdekaan menunjukkan bahwa bangsa punya kemampuan tersebut.

Dan di atas itu semua kesanggupan untuk meletakan kepentingan pribadi dan kelompok di bawah kepentingan bangsa. Kita percaya bangsa Indonesia akan mampu melewati masa sulit, dan menang secara gemilang. (Fie)

BERITA REKOMENDASI