UNY Target Jadi World Class University Tahun 2025

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengusung target menjadi salah satu universitas kelas dunia World Class University (WCU) pada 2025. Berbagai pembenahan pun dilakukan oleh kampus yang kini menempati peringkat 450 Asia tersebut.

Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa dalam media gathering Kamis (8/2/2018) mengatakan rencana tersebut dirasa cukup rasional mengingat tahun 2017 lalu UNY masuk dalam 10 besar universitas berdasar Pemeringkatan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). UNY menurut Sutrisna sedang dalam kondisi percaya diri mengingat pemeringkatan tersebut dirasa cukup mendetail meliputi aspek tenaga pengajar (dosen), mahasiswa, akreditasi hingga kualitas kegiatan kemahasiswaan dan penelitian.

“Tahun 2018 ini target kami tetap berada di 10 besar tingkat nasional sembari terus melakukan pembenahan. Target besar kami tahun 2025 UNY bisa masuk World Class University (WCU) paling tidak peringkat 500 dunia,” ungkapnya.

Untuk memenuhi target tersebut, diakui Sutrisna kini UNY tengah melakukan reformasi di banyak aspek. Pembangunan laboratorium untuk mendorong penelitian hingga reformasi di bidang administrasi dan birokrasi menjadi agenda yang sedang ditempuh kampus tersebut.

“Salah satu hal yakni reformasi birokrasi yang kami lakukan yakni digitalisasi misalnya saja legalisir ijazah secara online, tinggal klik saja maka nanti UNY yang akan memproses hingga mengirimkan ke pihak pemohon. Di bidang akademik, kami juga sedang membangun banyak laboratorium untuk mendorong semakin banyak riset baik oleh dosen maupun mahasiswa. Kami ingin menjawab tantangan permasalahan yang ada di masyarakat dengan hasil penelitian,” sambungnya.

Di sisi lain, untuk menambah kualitas UNY juga menjalin kerjasama dengan lembaga sertifikasi resmi profesi untuk membekali lulusan dengan kemampuan serta kompetensi di bidangnya. “Tujuannya agar lulusan kami bisa diterima di dunia kerja, atau jika ingin berwirausaha ada sertifikat yang menunjang usahanya,” sambung rektor.

Saat ini, UNY memiliki 102 prodi dari jenjang D3 hingga S3. Dari jumlah tersebut, 60 prodi memiliki akreditasi A sementara sisanya masih berstatus B. Untuk lulusan, 73 persen alumni UNY bekerja sesuai ilmu yang dipelajari sementara 23 persen lainnya berada di sektor lainnya.

Sementara untuk penerimaan mahasiswa per tahun, UNY menjadi salah satu yang terbanyak di DIY dengan jumlah 5.500 mahasiswa setiap tahunnya. Total mahasiswa UNY saat ini mencapai 22.754 untuk D3 dan S1 dengan rata-rata lama studi 4,5 tahun. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI