UNY Terima 2.334 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SBMPTN

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menerima sejumlah 2.334 mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN yang diumumkan kemarin. Mahasiswa baru UNY tersebut terdiri atas 800 orang jalur saintek dan 1.534 orang jalur sosial humaniora. Dari jumlah tersebut,  ada 901 calon mahasiswa yang mendapatkan KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah.

Menurut rilis yang ditandatangani Ketua LTMPT Mochamad Ashari, LTMPT menetapkan 192.810 peserta lulus seleksi jalur SBMPTN 2022 yang terdiri atas 96.665 peserta pemilih prodi Saintek dan 96.145 peserta pemilih prodi Soshum. Seleksi ini juga diikuti oleh 392 peserta difabel eligible dengan jumlah diterima di prodi Saintek 25 orang dan prodi Soshum 42 orang.

Jumlah peserta diterima pada SBMPTN 2022 tersebut didasarkan pada kuota minimum 40% dari seluruh daya tampung PTN selain PTN BH dan kuota minimum 30% dari seluruh daya tampung pada PTN BH dengan jumlah total daya tampung 213.406 kursi yang tersebar di 74 universitas, 11 PTKIN (UIN), dan 39 politeknik negeri se-Indonesia.

Ketua Admisi UNY Dr Setya Raharja menegaskan bahwa calon mahasiswa baru UNY wajib mengisi data isian sosial ekonomi untuk penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di laman http://ukt.uny.ac.id pada tanggal 24 hingga 29 Juni 2022. “Apabila tidak mengisi sampai dengan tanggal tersebut akan dikenakan UKT tertinggi,” tegasnya, Jumat (24/6) di UNY.

Hasil verifikasi dan besaran UKT diumumkan pada tanggal 1 Juli 2022 di laman resmi UNY.

Calon mahasiswa UNY non KIP-Kuliah membayar UKT pada tanggal 1 – 11 Juli 2022 di Bank BTN, Bank BNI, Bank Mandiri Kantor Cabang/Kantor Kas seluruh Indonesia, Bank BPD DIY, atau Tokopedia menggunakan nomor peserta ujian yang tercetak pada Kartu Peserta sebagai Nomor Tagihan.

Pembayaran di Bank BTN, Bank BNI, dan Bank Mandiri dapat dilakukan melalui Teller, ATM, Mobile Banking, atau Internet Banking, sedangkan di Bank BPD DIY dapat dilakukan melalui Teller, ATM, atau Mobile Banking. Biaya Pendidikan yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun kecuali yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus SLTA atau yang sederajat

Calon mahasiswa melakukan registrasi secara online melalui laman https://registrasi.uny.ac.id pada 1-15 Juli 2022.

Calon mahasiswa Non KIP-Kuliah menggunakan nomor peserta SBMPTN dan PIN yang diperoleh setelah melakukan pembayaran UKT, sementara untuk calon mahasiswa KIPKuliah melakukan registrasi menggunakan PIN berupa nomor KIP-Kuliah. Status definitif sebagai penerima KIP-Kuliah akan ditentukan setelah verifikasi.

Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) melalui laman https://siakad2013.uny.ac.id menggunakan akun SSO dilakukan mulai tanggal 1 s.d. 15 Juli 2022. Sedangkan pencetakan KTM Asli akan diumumkan kemudian dengan memperhatikan situasi dan kondisi pandemi Covid-19.(Hit)

BERITA REKOMENDASI