Upaya Konservasi Manuskrip Islam Kuno

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai upaya konservasi manuskrip Islam Kuno serta perbaikan manajemen perpustakaan dan peningkatan kapasitas staf, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggandeng Georg-August University Jerman untuk bekerja sama mewujudkan harapan tersebut.

“Konservasi naskah kuno perlu mendapat perhatian mendesak. Kerusakan manuskrip merupakan ancaman hilangnya sejarah Islam Nusantara. Georg-August University dipandang sebagai mitra kerja sama yang tepat, karena selain memiliki departemen kajian Islam, universitas ini memiliki ahli dan teknologi di bidang konservasi dan rehabilitasi manuskrip kuno,” papar Kepala UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dra Labibah Zain MLIS kepada KRJOGJA.com, Senin (02/04/2018).

Ditambahkan Labibah, untuk koleksi naskah kuno yang ada di UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pihaknya berencana melakukan katalogisasi manuskrip kuno yang ditulis oleh dan tentang Sunan Kalijaga. “Naskah-naskah ini diduga tersimpan di banyak institusi pesantren tradisional tanpa mendapatkan perawatan yang memadai,” lanjut Labibah.

Langkah ini juga sebagai upaya Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang merupakan bagian integral universitas dalam mewujudkan World Class University dalam Bidang Kajian Keislaman. Sehingga aksesibilitas ke sumber-sumber informasi dan layanan perpustakaan menjadi hal yang sangat penting.

Terpisah Prof Fritz Schulze dari Georg-August University Jerman menjelaskan, kedua institusi akan merencanakan penyelenggaraan lokakarya di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran tentang signifikansi manuskrip Islam Jawa. Selain itu,pengiriman staf perpustakaan ke universitas Jerman untuk mempelajari teknik konservasi manuskrip dan manajemen perpustakaan.

“Ada peningkatan untuk personal branding bagi tenaga pustakawan agar mempunyai kompetensi standar serta nilai tambah tersendiri,” ungkap Fritz. (Feb)

BERITA REKOMENDASI