Update! Penderita Penyakit Ini Belum Bisa Ikut Vaksinasi

Editor: KRjogja/Gus

KRJOGJA.com – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan daftar kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19 tahap kedua yakni berusia di atas 18 tahun, bagi orang lanjut usia (lansia) sudah bisa mendapatkan persetujuan untuk diberikan vaksin Covid-19. Tekanan darah harus di bawah 180/110 mmHg. Jika pernah terkonfirmasi Covid-19 lebih dari tiga bulan, bisa diberikan vaksinasi.

Bagi ibu hamil vaksinasi masih harus ditunda. Jika ingin melakukan perencanaan kehamilan, bisa dilakukan setelah mendapat vaksinasi kedua Covid-19. Sedangkan bagi ibu menyusui sudah bisa mendapat vaksinasi.

Pada vaksinasi pertama, untuk orang-orang yang memiliki riwayat alergi berat, seperti sesak napas, bengkak, kemerahan di seluruh badan, maupun reaksi berat lainnya karena vaksin, vaksinasi harus diberikan di rumah sakit. Tetapi, jika reaksi alergi tersebut didapatkan setelah vaksinasi pertama, tidak akan diberikan lagi vaksinasi kedua.

Para pengidap penyakit kronik, seperti PPOK, asma, penyakit jantung, penyakit gangguan ginjal, penyakit hati yang sedang dalam kondisi akut atau belum terkendali, vaksinasi ditunda dan tidak bisa diberikan. Tetapi, jika sudah berada dalam kondisi terkendali, diharapkan membawa surat keterangan layak untuk mendapat vaksinasi dari dokter yang merawat.

BERITA REKOMENDASI