UPHEC UAD Gelar Konferensi Internasional ke-6

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Public Health Conference (UPHEC) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Konferensi dan Workshop Internasional ke-6 tahun 2021, Rabu (07/07/2021). Kegiatan memilih tema ‘Penguatan Kemitraan Antarsektor untuk Menjawab Dinamika Kesehatan
Penduduk Masa Depan dan Pembangunan Berkelanjutan di Masa Wabah Covid-19’ dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Seminar daring ini diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UAD. Kegiatan konferensi dan workshop Internasional
secara daring ini dibuka langsung oleh Rektor UAD, Dr Muchlas MT.

Lina Handayani SKM MKes PhD, Dekan FKM UAD, menerangkan UPHEC ke-6 ini berfokus pada isu kesehatan masyarakat khususnya kesehatan reproduksi, didasari oleh Data Laporan Divisi Populasi PBB tahun 2030, populasi dunia diperkirakan meningkat sekitar 1 miliar, dan diproyeksikan meningkat menjadi 9,6 miliar pada tahun 2050.

“Kondisi ini merupakan salah satu dampak dari meningkatnya usia harapan hidup penduduk karena peningkatan hasil kesehatan karena teknologi medis dan kesehatan yang canggih dan lebih sehat. perubahan gaya hidup. Sehingga perlu adanya aksi nyata pada jalur akademis guna mengendalikan peningkatan populasi tersebut dari sekarang,” ujar Lina Handayani.

Dijelaskan, sebenarnya UPHEC sudah menjadi agenda rutin yang diadakan setiap tahun oleh FKM UAD dengan menggandeng berbagai pakar dari dalam dan luar negeri. Namun kondisi pandemic pada tahun lalu, membuat penyelenggaraan UPHEC ke-6 terpaksa diundur pada tahun ini.

Sedangkan Erni Gustina SKM MPH, Ketua UPHEC ke-6 mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari dengan agenda yang berbeda. Hari pertama diisi oleh materi dari berbagai pakar dan workshop dari fasilitator ahli. Hari kedua dilanjutkan oleh diseminasi hasil penelitian dari 54 peneliti yang berasal dari berbagai instansi. Alhamdulillah UPHEC ke-6 tahun ini walaupun dilakukan secara daring, dapat diikuti dengan baik dan lancar diikuti 310 peserta. Dapat pula disaksikan secara live pada laman Youtube resmi UAD.

Para pakar dalam bidang kesehatan reproduksi dihadirkan pada kegiatan ini. Melalui Prof drh Muhammad Rizal Martua Damanik, MRespSc PhD, Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan dari BKKBN sebagai keynote speaker menyampaikan materi mengenai Covid-19 Pandemic: Challenges and Opportunities of Intersectoral Partnership to Respond Future Population Health Dynamics and Sustainable Development in Indonesian.

UAD

BERITA REKOMENDASI