UPN ‘Veteran’ Yogyakarta Luncurkan Prodi Humas

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Studi Hubungan Masyarakat Jurusan Ilmu Komunikasi UPN ‘Veteran’ Yogyakarta resmi diluncurkan pada acara grand opening di ruang Seminar FISIP kampus II UPNVYK Babarsari, Kamis (03/05/2018). Peresmian dilakukan langsung oleh Wakil Rektor 1 Dr M. Irhas Effendi disaksikan oleh seluruh civitas akademika dan para undangan.

Program studi yang sudah akan mengadakan kegiatan belajar dan mengajarnya pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 ini menandai era baru kajian humas di DIY. Sebagai pionir karena menjadi satu-satunya kampus dengan Prodi Humas di Yogyakarta maka UPN berusaha turut mewarnai bidang yang memiliki masa depan cerah tersebut.

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Dr Subhan Afifi mengatakan kehadiran prodi humas telah digadang-gadang sejak 2 tahun lalu dan menjadi bagian dari program kerjanya. “Selama ini, humas menjadi salah satu konsentrasi di Prodi Ilmu Komunikasi disamping broadcast, jurnalisme dan advertising. Humas selalu menjadi bidang yang paling diminati mahasiswa, sehingga pilihan untuk menjadikan humas sebagai prodi tersendiri adalah langkah yang tepat dan strategis,” paparnya.

Koordinator Program Studi Humas Sigit Tripambudi, M.Si mengatakan bahwa grand opening yang dibalut dalam sebuah talkshow kehumasan ini sekaligus sebagai upaya untuk memperkenal kepada pihak luar keberadaan prodi baru tersebut. Praktisi humas kedepannya, menurut Sigit, memiliki banyak tantangan salah satunya adalah bagaimana merespon era keterbukaan informasi.

“Inilah tantangan kami untuk mencetak petugas humas yang tanggap sekaligus punya wawasan. Tidak hanya berperan sebagai juru bicara tapi juga seorang adviser dan konsultan,” paparnya.

Selain grand opening, acara juga dimeriahkan dengan talkshow bertajuk Prospek Profesi Humas di Era Keterbukaan Informasi. Bincang-bincang tersebut menghadirkan praktisi humas dalam berbagai bidang yakni Head of Corporate Communications PT. Amman Mineral Nusa Tenggara, Anita Avianty dan Executive Director at Cornellia & Co PR Marketing Agency, Ayu Cornellia Sigit, Phd. (*)

BERITA REKOMENDASI