Urusan Tata Ruang, Pemda DIY Anggarkan Rp 900 M

YOGYA (KRjogja.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY kembali melakukan sosialisasi ulang baik di Pemkab/Pemkot se-DIY terkait usulan program dan kegiatan Dana Keistimewaan (Danais) 2017. Pemda DIY telah mengajukan usulan pagu Danais 2017 mendatang sebesar Rp 1,573 trilun yang mayoritas Rp 900 miliar akan digunakan untuk urusan tata ruang nantinya.   

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY, Bambang Wisnu Handoyo mengatakan Pemda DIY telah memanfaatkan Danais tersebut untuk program-program seperti yang telah disepakati kementerian.  

"Kita harus buktikan implementasi antara rencana dan pelaksanaannya makin beser tentu kita akan semakin dipercaya. Sesuai perkataan Gubernur DIY jika kita bisa membuktikannya,  tentu bisa memperoleh dana dan  penataan program lebih baik," tutur BWH, sapaan Bambang Wisnu kepada KRjogja.com, Kamis (4/8/2016).

BWH menyampaikan selama ini Pemda DIY dicemooh oleh pusat  karena tidak mampu menyerap dana yang dikucurkan. Tetapi Pemda DIY telah mengkritisi hal tersebut karena pencairan Danais dari pusat selalu terlambat sehingga program dan kegiatan ikut mundur. "Artinya harapan Ngarso Dalem (Sultan HB X-red) wajar dan tetap kritis dimana program yang telah disepakati dari pusat harus direalisasikan dengan anggaran Danais tersebut," imbuhnya. (R-4)

BERITA REKOMENDASI