Usai Aksi Damai di Tugu, Polisi Amankan 6 Orang Diduga Provokator

YOGYA, KEDAULATAN-RAKYAT.com – Awalnya aksi damai dengan menyalakan lilin serta doa bersama gagasan aliansi Merawat Pancasila untuk Indonesia (Merapi) di Tugu Pal Putih Yogyakarta, Rabu (10/05/2017) malam berjalan cukup lancar. Namun, tidak lama setelah aksi damai dinyatakan selesai oleh koordinator kegiatan, Pedro Inharto, muncul aksi provokasi dari segelintir massa.

Kelompok itu datang dari arah barat Tugu Pal Putih Yogyakarta dengan sepeda motornya dan meneriakkan agar aksi segera dibubarkan. Kelompok masyarakat yang datang pun terus berusaha mendekati lokasi aksi damai dan berusaha membubarkannya.

Pihak kepolisian kemudian memberikan tembakan peringatan agar kelompok masyarakat bubar. Setidaknya, terdengar empat kali suara tembakan peringatan yang kemudian diikuti penangkapan anggota massa tersebut.

Baca Juga :

Aksi Seribu Lilin di Tugu Yogya Dukung Kebhinekaan

Meski Ada Ancaman, Aksi Damai di Tugu Yogya Lancar

Massa yang diduga melakukan provokasi tersebut langsung diamankan pihak kepolisian Polresta guna dimintai keterangan. "Ada beberapa orang teriak-teriak memprovokasi untuk membubarkan acara. Kami pihak kepolisian dengan tegas langsung mengamankan mereka," ujar Kapolresta Yogyakarta, Kombes Tommy Wibisino.

Kapolresta menegaskan ia tidak ingin Yogyakarta yang sudah aman, masyarakat nyaman dan suasana kondusif dirusak oleh segelintir orang yang tidak bertanggungjawab. (MG-10)

BERITA REKOMENDASI