Usai Lebaran, Harga Daging Sapi Betah Mahal

YOGYA (KRjogja.com) – Harga sejumlah kebutuhan pokok terutama komoditas daging, bawang dan cabai di sejumlah pasar tradisional di DIY masih tergolong tinggi. Belum beranjak turunnya harga ini tampak dialami daging sapi yang bertahan di harga tinggi.

"Harga daging sapi masih betah mahal dikisaran Rp 120.000 hingga Rp 130.000/Kg saat ini. Tidak terjadi penurunan harga pasca lebaran," kata penjual daging, Ponirah di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Minggu (10/7/2016)  

Ponirah mengatakan untuk pasokan daging sapi yang didatangkan dari Bantul cukup lancar, meskipun banyak pedagang atau distributor besar masih tutup selama libur lebaran. Permintaan daging sapi akan meningkat justru usai lebaran karena banyak warung atau rumah makan kembali buka.

"Terlebih selain tujuan pemudik, Yogyakarta juga tujuan wisata jadi banyak rumah makan sudah buka. Wisata kuliner ikut menjadi andalan dan daya tarik wisatawan jadi kebutuhan daging akan meningkat untuk dijadikan berbagai olahan," ungkap Murni.

Senada penjual daging sapi di Pasar Sambilegi Maguwoharjo Sleman, Yati menyampaikan harga daging sapi baik mendekati maupun pasca lebaran masih bertahan Rp 130.000 /Kg. Meskipun diakuinya permintaannya tidak terlalu tinggi namun harganya bertahan tinggi.

"Tidak banyak yang beli tetapi harganya masih Rp 130.000/Kg, pasca lebaran belum turun kalau harga daging sapi. Sebentar lagi warung-warung dan rumah makan akan buka, kemungkinan permintaan pulih," imbuhnya. (R-4)

 

BERITA REKOMENDASI