Usai Liburan Akhir Tahun, Kasus Covid-19 DIY Bakal Melonjak

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY memprediksi kasus positif Covid-19 akan meningkat pasca libur akhir tahun. Beberapa langkah pun dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang kemungkinan bakal terjadi nanti.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan hingga saat ini total kasus DIY tercatat 10.653 kasus. Pasien sembuh 7.067 orang dan yang meninggal dunia sejumlah 226 orang dengan tingkat fatalitas atau case fatality rate mencapai 2,12% dari keseluruhan kasus konfirmasi positif.

“Hingga saat ini Pemda DIY telah memiliki 27 RS Rujukan COVID-19 dari sejumlah 78 RS yang ada. Dari 27 RS tersebut, terdapat 64 tempat tidur untuk ruang ICU atau Critical dan 577 tempat tidur untuk ruang isolasi atau non Critical. Berdasarkan data per 24 Desember di Daerah Istimewa Yogyakarta, rata-rata tingkat keterisian RS dalam 3 hari terakhir mencapai 75 persen, meningkat dibanding periode-periode sebelumnya. Tingkat keterisian ruang ICU dan isolasi di atas rata-rata dialami rumah sakit-rumah sakit di wilayah Kabupaten Sleman,” tandas Pembajun.

DIY menurut Pembajun memprediksi ada lonjakan kasus positif pasca libur panjang akhir tahun ini. Melihat tren tersebut, diperkirakan akan terjadi lonjakan kasus pasca masa liburan natal dan tahun baru.

BERITA REKOMENDASI