USD Adakan Diskusi Mensyukuri Pancasila

SLEMAN, KRJOGJA.com – Peringatan Hari Lahir Pancasila juga diperingati Universitas Sanata Dharma (USD). Di Lobby Auditorium Kampus 2 USD Mrican Sleman, Kamis (01/06/2017), USD mengadakan Diskusi Mensyukuri Pancasila Merawat Indonesia.

"Saat ini, perubahan zaman cukup kencang. Terlebih dengan politik yang kurang kondusif menjadikan negara banyak menghadapi permasalahan," terang Rektor USD J Eka Priyatma MSc PhD disela diskusi.

Permasalahan itu, lanjut Rektor Eka, tak lepas dari hilangnya nilai-nilai dasar didalam Pancasila. Untuk itulah pihaknya mengadakan diskusi ini agar mahasiswanya bisa mensyukuri dan merawat Pancasila. Terlebih apa yang mereka alami dan merasakan manfaat dengan adanya Pancasila.

Sementara itu, narasumber diskusi yang juga dosen Prodi Pendidikan Sejarah USD Dr Anton Haryono MHum menjelaskan secara singkat pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945. Dimana tulisan Soekarno yang diusulkan pada BPUPKI itu sangat luar biasa, lugas, tegas dan indah.

"Lima dasar negara itulah yang kemudian jadi Pancasila setelah disahkan 18 Agustus 1945. Jika hal ini tidak kami sampaikan pada mahasiswa tentu mereka tidak akan tahu. Maka, dengan diskusi ini juga menjadi salah satu sosialisasi nilai Pancasila yang sempat dilupakan masyarakat," katanya.

Diharapkan, anak-anak muda khsusnya mahasiswa mau memahami dan mengimplementasikan Pancasila di kehidupan sehari-hari. Tentu semua dapat dikemas sesuai cara dan perkembangan yang ada saat ini. Usai diskusi, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama. (Adk)

BERITA REKOMENDASI