UST Dicanangkan Sebagai Kampus Tangguh Covid-19

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kampus Tangguh Covid-19 diluncurkan di Kota Yogyakarta, Selasa (22/09/2020). Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) menjadi kampus pertama di Kota Yogya yang dicanangkan sebagai kampus tangguh Covid-19 tersebut. Program Kampus Tangguh Covid-19 ini merupakan kolaborasi antara Polresta Yogyakarta, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dan UST.

Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro mengatakan, UST dipilih menjadi kampus pertama yang diresmikan karena paling siap dalam penerapan protokol kesehatan. Setelah UST, Polresta Yogyakarta bersama Pemkot Yogya akan meresmikan beberapa kampus lain di Kota Yogya sebagai kampus tangguh Covid-19.

“Kita sudah cermati dan lihat penerapan protokol kesehatan di UST yang paling siap dan sudah tertata bagus, sehingga kita dahulukan,” terang Purwadi kepada wartawan disela acara peluncuran di halaman Gedung Pusat UST Yogya.

Peluncuran Kampus Tangguh Covid-19 di UST ditandai pemotongan pita, penandatanganan MoU dan penyerahan simbolis hand sanitizer dan masker oleh Purwadi kepada Rektor UST Ki Prof Drs H Pardimin MPd PhD. Hadir dalam acara peluncuran, Wakil Walikota Yogya sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, jajaran Polresta Yogya, para Kapolsek se-Kota Yogya dan Forkompimca Kecamatan Umbulharjo.

Menurut Purwadi, kampus tangguh Covid-19 akan menjadi percontohan bagi kampus-kampus lain dalam penerapan protokol kesehatan. Dengan semakin banyak kampus-kampus menjadi kampus tangguh Covid-19, hal ini akan semakin meyakinkan masyarakat luas, bahwa Kota Yogyakarta sebagai kota pelajar sudah siap menerima mahasiswa dari berbagai daerah untuk berkuliah di sini dengan aman.

“Meskipun kita belum tahu kapan perkuliahan tatap muka diperbolehkan, setidaknya kita sudah berlatih dengan baik membiasakan diri menerapkan protokol kesehatan di kampus,” katanya.

Prof Pardimin berterima kasih dan bersyukur UST dicanangkan sebagai kampus pertama di Kota Yogya sebagai kampus tangguh Covid-19. Kepercayaan ini bukan amanah yang ringan, karena setelah ini UST harus mempertahankan penerapan protokol kesehatan yang sudah tertata ini tetap dijalankan dengan baik dan disiplin.

Menurut Prof Pardimin, semua hal tentang protokol kesehatan di UST termasuk soal menyambut kedatangan mahasiswa sudah diterangkan detail di website UST. “Dengan menjadi kampus tangguh Covid-19, maka diharapkan para orang tua tidak khawatir menguliahkan putra-putrinya di Yogyakarta termasuk di UST,” katanya. (Dev)

UST

BERITA REKOMENDASI