Vaksin Moderna Bakal Dipakai di Eropa

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Uni Eropa memberi lampu hijau penggunaan komersial vaksin corona buatan Moderna. Pemberian izin ini sekaligus memberikan persetujuan untuk pemberian suntikan dosis kedua untuk mempercepat upaya inokulasi di tengah kekhawatiran lonjakan mutasi baru virus corona.

Otoritas Obat Eropa (European Medicines Authority/ EMA) Uni Eropa memberikan izin penggunaan vaksin corona bagi orang-orang berusia di atas 18 tahun. Hal itu disesuaikan pada penilaian data terkait kualitas, keamanan, dan efektivitas vaksin.

Pemberian izin ini memberikan harapan untuk vaksinasi 450 juta orang Uni Eropa di tengah upaya negara-negara berlomba menekan penularan mutasi baru virus corona.

Setelah mengantongi izin EMA, penggunaan vaksin Moderna masih menunggu persetujuan badan eksekutif Komisi Uni Eropa dalam waktu dekat.

Otoritas obat nasional Belanda, CBG mengatakan vaksin Moderna diharapkan efektif melawan mutasi baru virus corona yang pertama-tama terdeteksi di Inggris. Namun CBG memperingatkan perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi efektivitasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI