Vaksin Siap Didatangkan, Masyarakat Tetap Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tiga vaksin Covid-19 bakal tiba di Indonesia pada November dan mulai didistribusikan pada akhir tahun ke berbagai wilayah. Sebanyak 200 juta dosis akan mulai disuntikkan dengan prioritas tenaga kesehatan dan elemen rentan lainnya di Indonesia.

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof Tri Wibawa mengatakan adanya vaksin merupakan hal penting pada upaya memerangi pandemi Covid-19. Hanya saja menurutnya masyarakat harus tetap patuh terhadap protokol kesehatan meskipun telah menerima vaksin.

“Saat ini kita masih menunggu hasil penelitian berapa angka proteksi vaksin terhadap virus corona baru. Meski sudah divaksin masyarakat harus tetap memproteksi diri dengan berperilaku sesuai dengan protokol kesehatan,” ungkapnya, Sabtu (24/10/2020).

Menurut Tri Wibawa, solusi dari pandemi Covid-19 tidak hanya bertumpu pada vaksinasi semata, tetapi juga kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Apabila masyarakat tidak disiplin pada protokol kesehatan maka dapat memperpanjang pandemi.

BERITA REKOMENDASI