Vaksinasi Anak di Kota Yogya Capai 81,5 Persen

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Percepatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kota Yogya membuahkan hasil optimal. Dalam kurun waktu kurang dari sebulan, capaiannya sudah menembus angka di atas 80 persen jika mengacu dari target yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogya Emma Rahmi Aryani, menyebut Kementerian Kesehatan memberikan target bagi Kota Yogya untuk menyuntikkan vaksin Covid-19 bagi anak usia 6- 11 tahun sebanyak 29.821 anak. ”Jika didasarkan pada target tersebut hingga kemarin sudah bisa menembus 81,5 persen atau 24.416 anak yang sudah divaksin oleh Kota Yogya,” jelasnya.

Oleh karena itu dengan mempertimbangkan realisasi harian yang bisa menyuntikkan vaksin Covid-19 hingga ribuan anak maka pekan depan atau 19 Januari penyuntikan dosis pertama bisa diselesaikan. Selanjutnya langsung bisa diagendakan atau dijadwalkan untuk penyuntikan dosis kedua bagi anak yang sudah memasuki masa tunggu. Akan tetapi kabupaten dan kota di DIY juga sangat tergantung dari pasokan vaksin dari pemerintah pusat untuk mempercepat penuntasan vaksinasi anak tersebut.

Emma menyebut, meski Kementerian Kesehatan menetapkan target sebanyak 29.821 anak namun Pemkot Yogya tetap akan menjangkau sekitar 41.000 anak. Hal ini karena sejak awal pelaksanaan vaksinasi Kota Yogya berkomitmen untuk dapat melayani seluruh warga penduduk Kota Yogya maupun warga luar daerah yang aktivitasinya ada di Kota Yogya.

”Target dari Kementerian Kesehatan lebih sedikit dari target kita mungkin karena pertimbangannya didasarkan anak yang merupakan penduduk kota. Tetapi anak yang sekolahnya di kota tetap akan kami jangkau. Begitu pula anak penduduk kota namun sekolahnya di kabupaten lain,” sebutnya.

Sementara realisasi vaksinasi anak jika didasarkan pada target yang akan dituntaskan Pemkot Yogya capaiannya masih sekitar 60 persen. Namun demikian realisasi tersebut tergolong cukup tinggi jika dibandingkan dengan capaian dari daerah lain.

Setiap hari angka realisasi juga terus meningkat karena vaksinasi reguler di puskesmas tidak pernah berhenti. Vaksinator dan tenaga medis yang dimiliki Kota Yogya pun dipastikan tidak kewalahan dalam menjalankan vaksinasi.

Petugas di puskesmas sudah berkomitmen melayani vaksinasi di tiap sekolah yang ada di wilayahnya. Bagi wilayah dengan jumlah sekolah cukup banyak, petugasnya pun dibantu oleh fasilitas layanan kesehatan setempat baik klinik maupun rumah sakit.

”Misal bagi anak yang berhalangan hadir sesuai jadwal juga bisa mendatangi puskesmas ketika kondisinya sudah siap,” tandasnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI