Vaksinasi Bagi UMKM, Koperasi dan Ekosistem

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – KADIN (Kamar Dagang dan Industri) DIY bekerjasama dengan Pemda DIY, Dinas Koperasi dan UMKM DIY, kementerian Koperasi dan UMKM RI, Kementerian Perindustrian RI, Kementerian Perdagangan RI, dan HIPPINDO (Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia) menyelenggarakan vaksinasi bagi 10.000 pelaku UMKM, Koperasi dan Ekosistem (termasuk karyawan perusahaan) di DIY.

Kegiatan vaksinasi tersebut diselenggarakan di JEC mulai 25 Juli 2021 sampai 29 Juli 2021. Dukungan lain dari Pangkalan TNI AU Yogyakarta, Satpol PP, IDI Cabang DIY dan PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) DIY.

“Kegiatan vaksinasi yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah harus didukung oleh TNI, pihak swasta (termasuk KADIN DIY), dan lembaga non pemerintah lainnya,” harap R. Kadarmanta Baskara Aji selaku Sekda DIYdalam acara pembukaan.

Menurut Sekda DIY, dengan kerjasama dan sinergi dalam pelaksanaan vaksinasi maka program percepatan vaksinasi dapat direalisasikan secara optimal. Ke depan kegiatan vaksinasi harus melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk media massa.

“KADIN DIY berkomitmen untuk mendukung percepatan vaksinasi yang diselenggarakan pemerintah,” jelas GKR Mangkubumi (Ketua KADIN DIY).

Selanjutnya dijelaskan bahwa dukungan tersebut merupakan bagian dari dukungan KADIN DIY untuk percepatan pemulihan ekonomi. “Jika seluruh pelaku usaha dan pekerjanya telah divaksin maka diharapkan produktivitas akan meningkat,” harap GKR Mangkubumi.

Ketua KADIN DIY mengingatkan kepala seluruh pelaku dan pekerja, baik yang sudah atau belum divaksin, agar tetap taat menjalankan prokes 5 M. “Kegiatan vaksinasi oleh KADIN DIY ini merupakan kegiatan yang kedua, setelah bulan Juni yang lalu”, jelas Tim Apriyanto (Ketua Panitia Pelaksana).

Menurut Apriyanto, semula target peserta vasinasi sebanyak 25.000 peserta, namun karena kendala ketersediaan vaksin maka target peserta direvisi menjadi 10.000 peserta. “Panitia pelaksana sebenarnya telah siap melaksanakan vaksinasi dengan 25.000 peserta,” tegas Apriyanto.

“Kegiatan KADIN DIY dalam jangka pendek ini, di samping vaksinasi, juga teklah menyiapkan program pembagian Sembako bagi pelaku usaha mikro yang terdampak PPKM Darurat/Level 4,” jelas Wawan Hermawan (Waketum Bidang perbankan dan Lembaga Keuangan) dan Koordinator JERCovid-19.

Paket Sembako telah disiapkan dan KADIN DIY akan mengajak seluruh penngurus, anggota dan pemangku kepentingan untuk berpatisipasi dalam program sosial tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI