Vaksinasi Dosis Kedua Diintensifkan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Percepatan vaksinasi Covid-19 terutama untuk penyuntikan dosis kedua masih diintensifkan. Salah satunya dengan menerjunkan empat mobil vaksin yang diperbantukan di Kota Yogya. Keempat mobil vaksin tersebut hampir setiap hari menjangkau wilayah untuk membantu pelayanan di sentra vaksin XT Square maupun layanan reguler di fasilitas kesehatan.

“Dosis kedua ini kan sudah ada jadwalnya yang menyesuaikan penyuntikan dosis pertama. Sekarang ini memang sedang gencar untuk dosis kedua,” jelas Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, Minggu (17/10/2021).

Capaian vaksinasi untuk dosis pertama yang dilakukan Kota Yogya sudah mencapai sekitar 589.000 dosis. Sedangkan untuk dosis kedua sudah mencapai sekitar 416.000 dosis. Suntikan tersebut tidak hanya dilakukan bagi penduduk Kota Yogya melainkan warga yang sehari-hari beraktivitas di Kota Yogya.

Heroe mengaku, meski penyuntikan dosis kedua semakin intensif namun pemberian dosis pertama tetap diberikan. Terutama bagi warga yang sebelumnya memiliki komorbid dan baru diperbolehkan menjalani vaksinasi. Begitu pula bagi penyintas Covid-19 yang sudah memenuhi waktu tunggu untuk vaksinasi.

“Tetapi jumlah vaksinasi dosis pertama sangat kecil. Rata-rata per hari hanya 500 orang. Wilayah juga sudah kesulitan mencari warga yang belum divaksin,” tandasnya. (Dhi)

 

BERITA REKOMENDASI