Vaksinasi Massal di Pura Pakualaman

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Vaksinasi massal dosis pertama berlangsung di Pura Pakualaman Yogyakarta dengan kuota 1.500 orang. Vaksinasi berlangsung Selasa – Kamis (03-05/08/2021), setiap hari masing-masing untuk 500 orang.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Pura Pakualaman dengan berbagai pihak di antaranya dengan Dinas Kesehatan DIY, Korem 072 Pamungkas, Kodim 0734 Yogyakarta, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Kominfo DIY, BPBD DIY, IDI DIY, Kelurahan Purwokinanti dan Gunungketur, Kemantren Pakualaman, dan pihak-pihak lainnya yang terkait. Penjelasan ini disampaikan oleh Ketua Panitia BPH Kusumo Kuntonugroho, kepada wartawan, Selasa (03/08/2021).

“Untuk menghindari kerumunan, menggunakan jadwal. Vaksinasi untuk warga Kemantren Pakualaman yang terdiri dari dua kelurahan Purwokinanti dan Gunungketur. Terutama anak sekolah usia SMP dan SMA, penyandang disabilitas dan lansia,” kata BPH Kusumo Kuntonugroho.

Karena masih ada sisa kuota maka kemudian mengundang masyarakat umum. Vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat itu menggunakan vaksin Sinovac.

Kusumo Kuntonugroho menambahkan kegiatan tersebut untuk percepatan vaksinasi di Indonesia pada umumnya, khususnya DIY dan lebih khusus lagi Kemantren Pakualaman. Harapannya kegiatan ini bisa menginspirasi dan memotivasi bagi mereka yang belum vaksinasi.

Sementara GKBRAA Paku Alam menyatakan merasa senang ada vaksinasi di Pura Pakualaman. Sebab menurutnya, masih banyak warga yang belum faksinasi. Kuota 1.500 untuk warga Kemantren Pakualaman, ternyata langsung penuh, warga antusias.

Menurutnya, kegiatan ini membantu pemerintah mempercepat vaksinasi. Karena, kita belum tahu, kapan pandemi ini akan berakhir. Dengan vaksinasi bisa mengurangi jumlah orang yang terpapar.

Meskipun begitu, sesudah divaksin tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Karena, walaupun sudah vaksin masih bisa terpapar, tetapi tidak sampai parah. Pembukaan kegiatan vaksinasi juga dihadiri Wagub DIY KGPAA Paku Alam X. (War)

BERITA REKOMENDASI