Vaksinasi Perdana di Bantul, Gunungkidul dan Kulonprogo Ditunda

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY bersiap memulai vaksinasi Covid pada 14 Januari mendatang dimulai dari 15 tokoh termasuk Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X. Namun pelaksanaan vaksinasi di tiga kabupaten DIY akan tertunda karena menanti keputusan Kementrian Kesehatan.

Juru bicara gugus penanganan Covid-19 DIY Bidang Kesehatan, Berty Murtiningsih menjelaskan pelaksanaan vaksinasi percontohan sesuai jadwal awal akan dilaksanakan 14 Januari di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. Begitu pula untuk Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, vaksinasi perdana akan dilaksanakan pada tanggal 14 atau 15 Januari mendatang.

“Namun untuk tiga kabupaten lain (Bantul, Kulonprogo dan Gunungkidul) ditunda. Kami menunggu sampai ada arahan berikutnya dari Kementrian Kesehatan,” ungkap Berty, Selasa (12/1/2021).

Vaksinasi Covid-19 menurut Berty sepenuhnya merupakan kewenangan pemerintah pusat, termasuk alokasi jumlah, pendistribusian hingga pemantauan paska vaksin. “Provinsi dan kabupaten di sini hanya bertindak sebagai pelaksana saja, kami masih menanti arahan pusat,” ungkapnya lagi.

Sebelumnya seperti diketahui, pada tahap pertama DIY mendapatkan 26 ribu dosis Vaksin Covid-19 Sinovac dari pemerintah pusat. Vaksin akan dialokasikan untuk tenaga kesehatan di DIY meliputi dokter, perawat dan tenaga lainnya di fasilitas pelayanan kesehatan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI