Vaksinasi Sasar Pelaku Sektor Usaha

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogyakarta secara bertahap terus menggencarkan program vaksinasi kepada masyarakat. Hingga saat ini lebih dari 140 ribu warga telah menjalani vaksinasi. Ditargetkan pada pertengahan Agustus mendatang seluruh warga Kota Yogyakarta telah menerima vaksinasi.

Wakil Walikota Yogyakarya sekaligus Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan percepatan program vaksinasi saat ini menyasar sektor usaha. Pelaku dalam kelompok ini rentan tertular wabah Covid-19 karena banyak berinteraksi dengan banyak masyarakat.

“Mereka pelaku bidang sektor ekonomi juga perlu kita perhatikan karena interaksinya sangat luas. Program vaksinasi sasaran ini diharapkan dapat menekan laju penyebaran Covid-19 yang belakangan kian meluas,” kata Heroe Poerwadi saat meninjau vaksinasi di Silol Cafe, Rabu (23/06/2021).

Untuk mendukung program tersebut pemkot juga mendorong agar setiap unit usaha memiliki Satgas Penanganan Covid-19 sendiri. Tujuannya agar pengawasan dan pemantauan protokol kesehatan (prokes) dapat dilakukan di tempatnya secara maksimal.

Seperti diketahui setiap tempat usaha diwajibkan menyediakam tempat cuci tangan, petugas pemeriksa suhu tubuh hingga pembatasan junlah pengunjung. Untuk yang satu ini kapasitas pengunjung yang diperbolehkan yakni sebesar 25 persen saja

Salah satu yang telah menerapkan hal itu termasuk memiliki Satgas Penanganan Covid-19 sendiri adalah Silol Cafe. Ketua Satgas Covid-19 Silol Cafe, Dedi Yuswandi menegaskan apa yang dilakukan pihaknya sebagai bentuk mendukung program pemerintah dalam memberantasan Covid-19.

“Jika angka Covid-19 dapat dikendalikan, perekonomian tentunya akan bangkit kembali. Itulah mengapa kami mendukung program tersebut dan menerapkan ketat pelaksanaan prokes di sini,” jelasnya

Dalam kesempatan ini sebanyak 129 karyawan Silol Cafe menjalani vaksinasi yang pertama. Dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Puskesmas dan petugas Gugus Covid-19 Kelurahan Kotabaru para karyawan mendapat suntikan vaksin AstraZeneca. (Van)

BERITA REKOMENDASI