Vaksinasi Tahap II di Jogja Bakal Sasar Semua Kelompok

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie menjelaskan, vaksinasi tahap kedua sebetulnya menyasar semua kelompok tahapan kedua untuk seluruh kabupaten/kota di DIY. Adapun untuk vaksin lansia, sesuai dengan kesepakatan atau instruksi dari pusat diprioritaskan buat ibukota provinsi.

Adapun untuk pelaksanaannya pihaknya masih menunggu vaksin yang datang dari pusat, karena rencana akan dikirimkan 21.000 vaksin multidos (satu vaksin multidos bisa untuk 10 orang).

“Dalam vaksinasi kali ini ditargetkan untuk sebanyak 8.144 orang pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 masyarakat sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, serta 9.153 pegawai toko yang ada di sepanjang kawasan Malioboro,” ungkapnya, Minggu (21/2).

Menurut Pembajun, pihaknya menargetkan dalam sehari jumlah yang akan divaksin sebanyak 3.200 orang. Rencananya program vaksinasi massal tersebut akan melibatkan 280 tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, suster, dan vaksinator. Tenaga kesehatan ini berasal dari 18 puskesmas dan 11 rumah sakit di Kota Yogyakarta serta 2 klinik Polri.

“Dari jumlah tersebut tim akan dibagi di tiga tempat yaitu 7 tim di Abu Bakar Ali, 6 tim di Pasar Beringharjo, 7 tim di Benteng Vredeburg. Dimana untuk setiap tim terdiri dari 7 orang dan dibagi ke dalam 2 shift setiap harinya,” terang Pembajun.

BERITA REKOMENDASI