Variasi Plat Nomor Mobil, Siap-Siap Kena Tilang

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Bagi kamu pengemudi kendaraan roda empat, segera saja gunakan plat nomor asli yang dikeluarkan pihak kepolisian. Bila kedapatan di jalan menggunakan plat variasi maka siap-siap saja menyempatkan diri sidang di pengadilan dan mengganti plat nomor asli.

Seperti yang terjadi di halaman DPRD DIY Rabu (14/9/2016) saat seorang pengendara kendaraan roda empat diminta mengganti plat nomor lantaran menggunakan plat variasi. Pengendara tersebut harus pulang membawa surat tilang dan dipaksa mengganti plat nomor asli yang sebenarnya dibawa di dalam mobil.

AKBP Heru Setiawan Kasubdit Bidang Pembinaan dan Penegakan Hukum Polda DIY mengatakan plat nomor yang wajih dipakai adalah yang dikeluarkan oleh kepolisian. Menurut dia dalam plat nomor harus ada ukuran, jarak antar angka dan huruf yang telah ditetapkan.

"Kalau ada yang plat nomornya divariasi ya, kita tindak dikenakan tilang karena merupakan pelanggaran. Peraturannya ada di UU no 22 tahun 2009 tentang lalu-lintas, dan sudah dijabarkan dengan jelas," terangnya.

Terkait keterlambatan plat asli dari kepolisian yang seringkali menjadi alasan plat nomor variasi, Heru mengatakan tetap saja tak diperkenankan karena dealer motor dan mobil pun sudah memahami betul peraturan plat nomor untuk kendaraan-kendaraan baru. "Kendaraan baru boleh plat tidak resmi tapi ketika ditindak harus bisa menunjukkan surat ijin, pun platnya tak boleh divariasi asal juga agar bisa dibaca," imbuhnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI