Veteran dan Purnawirawan TNI Jalani Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ratusan veteran dan purnawirawan TNI mengikuti vaksinasi tahap kedua. Mereka masuk dalam kelompok lansia sebagai bagian dari program vaksinasi yang terus digencarkan pemerintah. Pelaksanaan vaksinasi dipusatkan di RS Dinas Kesehatan Tentara (DKT) dr Soetarto Yogyakarta sejak Selasa (18/05/2021) hingga Senin (24/05/2021) mendatang.

Koandan Kodim 0734 Yogyakarta, Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana mengatakan jajarannya mendukung program vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Sebagai satuan militer di tingkat teritorial, Kodim Yogyakarta berkewajiban untuk menggalang masyarakat guna turut menyukseskan program vaksinasi tersebut.

“Vaksinasi kali ini diberikan bagi para purnawirawan TNI, veteran hingga Warakawuri. Semua yang termasuk dalam Keluarga Besar TNI (KBT) dari kelompok lansia wajib mengikuti vaksinasi ini,” tegas Erwin Ekagita Yuhana di Makodim Yogyakarta, Jumat (21/05/2021).

Ia menjelaskan pendataan terhadap para penerima vaksin tahap ini dilakukan oleh jajaran Koramil. Danramil melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) melakukan pendataan di wilayahnya masing-masing untuk mengumpulkan nama-nama penerima vaksin untuk selanjutnya dilaporkan ke tingkat Kodim.

“Pendataan dilakukan oleh Danramil dan pelaksanaan vaksinasi dilakukan sesuai jadwal wilayah koramil masing-masing di RS DKT. Jadi Danramil bertanggungjawab untuk mendata bahkan memastikan seluruh KBT di wilayahnya benar-benar telah mendapat suntikan vaksin,” tambahnya.

Erwin Ekagita Yuhana menjelaskan, pada tahap pertama vaksinasi sebulan lalu telah berjalan lancar. Walau ada beberapa yang gagal mengikuti vaksinasi karena berbagai kendala kesehatan karena faktor usia, pemberian suntikan tetap akan diberika pada hari lain sesuai penjadwalan.

Namun ia memastikan para lansia kalangan TNI ini seluruhnya mendapatkan dua kali vaksinasi seperti yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan. Dengan vaksinasi ini ia berharap akan muncul herd immunity atau kekebalan kelompok, dimana lansia merupakan kalangan paling rentan terserang Covid-19.

Erwin Ekagita Yuhana menambahkan, prajurit Kodim Yogyakarta yang berkekuatan sekitar 300 personel seluruhnya telah mendapatkan vaksinasi. Para anggotanya yang masuk dalam pemberian vaksinasi tahap awal bersama kelompok medis, tenaga kesehatan (nakes) dan pelayan publik dimana di dalamnya termasuk para prajurit TNI serta Polri. (Van)

BERITA REKOMENDASI