Viral Foto Meteor ‘Jatuh’ di Puncak Merapi, Ini Analisa Roy Suryo

YOGYA, KRJOGJA.com- Pakar Telematika Roy Suryo memberikan analisanya terkait viral sebuah foto di jagat maya yang menunjukkan gambar meteor jatuh di Puncak Gunung Merapi pada Kamis, 27 Mei 2021.
Menurutnya, kilatan cahaya yang jatuh tersebut kemungkinan memang benar meteor. Hanya saja meteor tersebut diyakininya tidak benar-benar masuk atau jatuh tepat di atas puncak merapi, melainkan hanya angle fotografer yang dinilai menguntungkan, sehingga seolah-olah meteor tersebut jatuh tepat di atas puncak Gunung Merapi.

“Banyak netizen yang meragukan foto tersebut. Tetapi saya yakin kemungkinan itu memang benar meteor jatuh. Hanya saja, memang karena angle fotografer yang ‘menguntungkan’, maka seolah-olah meteor tersebut masuk ke kawah Merapi, padahal tidak. Meteor kemungkinan besar melintas jauh di belakangnya,” jelas Roy Suryo kepada KRJOGJA.com, Jumat (28/5/2021).

Analisa tersebut disampaikan Roy Suryo untuk sedikit memberikan gambaran kepada para netizen yang meragukan maupun yang meyakini keaslian foto tersebut.

BERITA REKOMENDASI