Virus Corona Sudah Masuk Indonesia, DIY Butuh Antisipasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Virus korona infonya sudah masuk ke Indonesia. Tepatnya di Bandung Jawa Barat. Di mana di sana ada dua pasien dirujung ke rumah sakit karena diduga terjangkit virus tersebut. Hal ini ikut mendapatkan perhatian dari DPRD DIY.

“Langkah antisipasi jelas harus segera dilakukan. Dari Dinas Kesehatan harus segera melakukan upaya pencegahan. Jangan sampai virus masuk ke Yogyakarta,”ujar Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana kepada KRJOGJA.com, Senin (27/1).

BACA JUGA :

Sultan Soal Corona, DIY Tak Larang Turis China

Masukan NU ke Pemerintah, Warga China Tak Diberi Ijin Masuk Sementara

Dinkes DIY menurut Huda dapat bekerjasama dengan instansi lain seperti Imigrasi maupun bandara untuk melakukan antispasi sesuai dengan protap. Apalagi di Yogyakarta juga ada penerbangan internasional, meski tidak langsung ke daerah asal virus tersebut muncul.

Di sisi lain, dari Dinkes juga harus gencar memberikan informasi kepada masyarakat tentang virus tersebut. Termasuk bagaimana pencegahan maupun penanggulangan secara mandiri. “Hal-hal apa saja yang harus dilakukan atau dihindari. Misalnya cuci tangan sebelum makan atau yang lain. Saya kira dari Dinkes pasti lebih paham,”jelasnya.

Tak hanya itu, kepada rumah sakit Huda juga meminta untuk bisa mempersiapkan diri. Peralatan medis apa saja yang harus disiapkan dan yang lain. (Awh)

BERITA REKOMENDASI