Voli Pasir DIY Tunjukkan Perkembangan Positif

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Perkembangan positif ditunjukkan atlet-atlet cabang olahraga (cabor) bola voli pasir DIY yang tergabung dalam program Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Dalam uji coba tes kecabangan yang digelar akhir pekan lalu, tiga pasangan DIY yang ambil bagian seluruhnya mampu menunjukkan peningkatan performa.

Pelatih voli pasir DIY, Danang Agus Yuniarto kepada KR di Yogya, Selasa (20/10) menjelaskan, untuk sektor putri, empat atlet yang menjalani tes kecabangan berhasil menunjukkan kualitas yang maksimal. Bahkan, penampilan keduanya sedikit menyulitkan tim pelatih untuk menentukan pasangan tetap yang akan dipilih guna tampil di PON mendatang.

Keempat atlet putri Puslatda DIY yakni, Yokebed Purari, Sari Hartati, Maria Dwiningtyas dan Fransisca Geofana Ayu, dalam tes kecabangan kemarin bertanding dalam dua tim berbeda dan berakhir dengan skor 2-1. “Dua pasangan yang bertanding kemarin kualitasnya tak jauh berbeda dan sama-sama kuat. Meski hasil akhirnya 2-1, ini menunjukkan kedua tim ini sama-sama kuat,” ujarnya.

Danang mengaku, tetap belum akan menentukan siapa akan berpasangan dengan siapa hingga beberapa bulan sebelum PON mendatang. “Karena kualitasnya tidak jauh beda, semua masih akan kami berikan peluang untuk saling berpasangan dari keempatnya. Penentuan siapa berpasangan dengan siapa dan pasangan mana yang jadi DIY 1 atau 2, belum akan kami tetapkan dulu,” tegasnya.

Lebih lanjut Danang menjelaskan, tes kecabangan yang dilaksanakan di Lapangan Voli Pasir Sorowajan, Bantul Jumat-Sabtu (16-17-10) ini dimaksudkan untuk memantau kesiapan atlet-atlet DIY menuju PON. “Seharusnya kan bulan ini PON digelar, tapi karena pandemi Covid-19, PON ditunda tahun depan. Nah, kami ingin jadikan tes kecabangan ini sebagai ajang pengganti pertandingan di PON,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI