Wadahi Fotografer Lokal, Indonesia Bakal Punya Gettyimage

SLEMAN, KRJOGJA.com – Direktorat Industri Kreatif Film, Televisi dan Animasi Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparenkraf) mengumpulkan fotografer dari DIY dan sekitarnya, Senin (31/8/2020). Fotografer yang punya talenta diajak lebih profesional memaksimalkan potensi photopreneur.

Direktur Direktorat Industri Kreatif Film, Televisi dan Animasi Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Syaifullah mengatakan di Indonesia saat ini bermunculan insan fotografi yang sayangnya masih berada pada tataran penghobi. Padahal, potensi untuk menjadikan fotografi sebagai profesi terbuka lebar di tengah era digital.

“Ini alasan kami menggelar program inkubasi capture bersama fotografer dari berbagai daerah di Indonesia, kali ini DIY dan sekitarnya. Kami ingi menunjukkan perspektif serius dari dunia fotografi yang sangat menjanjikan. Kami ingin upgrade skill mereka, lalu sampai punya sertifikasi dan membantu jualan karya juga,” ungkapnya di sela pembukaan di Eastparc Hotel.

Pemerintah menurut Syaifullah kini sedang menginisiasi platform digital untuk fotografer Indonesia layaknya Getty Images yang dikenal di dunia internasional. Nantinya siapa saja fotografer bisa masuk mendaftarkan akun yang juga sekaligus berfungsi sebagai ruang pamer karya dan bank data bagi pemerintah.

BERITA REKOMENDASI