Wagub DIY KGPAA Paku Alam X: Pendidikan Membentuk Manusia Cerdas Seutuhnya

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Pendidikan adalah sebuah usaha untuk membentuk manusia yang cerdas dalam segala aspek. Terampil, berkepribadian dan berahlak mulia. Menyadari pentingnya pendidikan, maka Ki Hadjar Dewantara menempatkan lembaga pendidikan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi pribumi jelata, mendapatkan pendidikan seperti para priyayi dan orang Belanda waktu itu.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X ketika secara virtual menjadi pembicara kunci pada acara HUT ke-99 Tamansiswa, Sabtu (3/7). Menurut Wagub DIY, Tamansiswa mempunyai semboyan lawan sastra ngesti mulya

dengan pengetahuan kita akan mencapai kemuliaan. “Ini cita-cita Ki Hadjar Dewantara dengan Tamansiswa untuk kemuliaan bangsa dan seluruh rakyat,” kata Wagub DIY.

Dunia menuju ke global vilage

semua terkoneksi yang memaksa kita untuk menggunakan atribut tunggal. Kita tidak bisa menghindar dan kita harus eksis mengikuti perkembangan zaman demi kebaikan, tanpa harus meninggalkan jati diri Kita harus yakin dengan konsepsi budaya, masyarakat sejahtera akan terwujud. Era industri 4.0 pencapaian sukses adalah paroduksi dan ekonomi. Dengan adanya budaya, suskes ekonomi akan diringi dengan budi pekerti sehingga masyrakat tidak larut dalam euforia.

Acara peringatan HUT ke-99 Tamansiswa berlangsung secara virtual dari studio di kompleks Pendapa Tamansiswa Yogyakarta dan di Tamansiswa Jakarta. Penyelenggara acara Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa (MLPTs) yang diikuti secara daring oleh keluarga besar Tamansiswa di seluruh Indonesia.

BERITA REKOMENDASI