Wagub Sri Paku Alam X Lantik Pimpinan Baznas DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Keberadaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) harus dapat mendorong partisipasi masyarakat meningkatkan zakat, infak dan sedekah serta memastikan penyalurannya tepat sasaran dan sampai kepada yang membutuhkan. Apabila hal tersebut bisa dilaksanakan, tujuan untuk mengentaskan kemiskinan sedikit demi sedikit akan tercapai.

“Saya berharap dengan dilantiknya kepengurusan yang baru, komunikasi antara Baznas dan Pemda DIY bisa lebih intens lagi sehingga dalam penyaluran bisa lebih tepat ke sasaran. Kita kan punya data, 15 kecamatan miskin yang bisa dijadikan sasaran penyaluran. Bagaimana kemudian kita punya sistem data yang bagus dan lain sebagainya. Sebetulnya sistem yang ada sekarang sudah baik, tapi ke depan porsinya bisa lebih ditingkatkan,”kata Wakil Gubernur (Wagub) DIY Sri Paduka Paku Alam X saat melantik dan mengambil sumpah pimpinan Baznas DIY periode 2021-2026 di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Rabu (02/06/2021).

Paku Alam X menyatakan siap mendukung kinerja Baznas DIY untuk turut serta mengentaskan kemiskinan di DIY melalui zakat. Dirinya berharap, sebagai lembaga pemerintah non struktural, Baznas dapat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan sosial melalui pengelolaan zakat yang amanah. Terlebih, pada kondisi pandemi dan bencana yang terjadi di beberapa wilayah, Baznas harus hadir di tengah masyarakat dan mengambil peran sebagai kepanjangan tangan para muzaki.

“Saya juga berharap Baznas juga aktif mengedukasi masyarakat dalam hal literasi zakat secara berkelanjutan. Saya percaya, para pengurus terlantik dapat menjaga amanah dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, serta mampu membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan sosial umat,” ungkapnya.

Pimpinan Baznas DIY periode 2021-2026 yang dilantik terdiri Ketua Dra Hj Puji Astuti (sebelyumnya Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY), Wakil Ketua I Dr H Munjahid MAg (incumbent/Dekan Fak Tarbiyah Institut Ilmu Alquran (IIQ) An-Nur Yogyakarta), Wakil Ketua III H Jazilus Sakho’ MA PhD (Wakil Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran Sleman/Wakil Rektor UNU Yogyakarta), Drs H Nursya’bani Purnama SE MSi (incumbent/dosen UII), dan H Ahmad Lutfi SS MA (Wakil Pemimpin Redaksi SKH Kedaulatan Rakyat). (Ria/Ira)

BERITA REKOMENDASI