Warga Dengan Kriteria ini Jadi Sasaran Rapid Test

YOGYA, KRJOGJA.com – Tes cepat atau rapid test acak yang semula menyasar pasar tradisional, mal, kafe dan resto, kini cakupannya diperluas. Masyarakat umum warga Kota Yogya turut menjadi sasaran dengan sampel 618 orang lintas usia, mulai anak-anak hingga orangtua. Perluasan cakupan tes cepat itu menjadi bagian dari upaya memetakan potensi sekaligus melokalisir sebaran kasus Covid-19.

”Tim UGM yang menentukan sampelnya. Khusus untuk masyarakat umum ini mulai dari kepala keluarga, kaum ibu bahkan anak-anak usia satu tahun. Siapa saja sampelnya juga disesuaikan metodologi agar bisa ditarik kesimpulan sebagai representasi warga kota,” urai Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, di sela meninjau rapid test acak di Puskesmas Danurejan II, Rabu (17/6).

Tes acak bagi masyarakat umum itu diambil di 35 kelurahan dari total 45 kelurahan di Kota Yogya. Mereka yang menjadi target sampel diundang ke puskesmas setempat guna diambil darahnya. Bagi warga yang menolak karena takut suntik, langsung digantikan warga lain. Terutama didasarkan pada populasi penduduk serta jumlah kasus positif yang ada di wilayahnya.

BERITA REKOMENDASI