Warga Dilibatkan Integrasi Layanan untuk Lansia

YOGYA, KRJOGJA.com – Keterlibatan masyarakat dan organisasi perangkat daerah (OPD) akan semakin diintensifkan. Terutama dalam pengembangan layanan terintegrasi untuk warga lanjut usia (lansia) atau di atas 60 tahun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogya Edy Muhammad, menjelaskan total penduduk lansia di Kota Yogya saat ini mencapai sekitar 16 persen. “Program pengembangan ini kami namai Layanan Lansia Terintegrasi (LLT). Untuk percontohannya di Kampung Bintaran,” jelasnya, beberapa waktu lalu.

Edy menjelaskan, melalui LLT tersebut seluruh lansia di Kota Yogya diharapkan menjadi warga lanjut usia yang tetap produktif dan mandiri. Namun demikian, tidak semua lansia di Kota Yogya dalam kondisi sehat. Sekitar 20 persen lansia diketahui mengalami kendala kesehatan sehingga perlu perhatian lebih.

“Melalui Layanan Lansia Terintegrasi ini, kami juga mendorong keterlibatan masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lansia, terutama yang mengalami masalah kesehatan,” urainya.

Dengan layanan terintegrasi itu, masyarakat melakukan penjangkauan dan pendampingan kepada lansia yang mengalami masalah kesehatan. Misalnya memastikan seluruh kebutuhan sehari-hari terpenuhi, membantu mengakses layanan kesehatan dan lainnya.

BERITA REKOMENDASI