Warga Dilibatkan Integrasi Layanan untuk Lansia

Edy menyebut keterlibatan dan kepedulian masyarakat di lingkungan sekitar dibutuhkan. Hal ini karena dimungkinkan lansia tersebut tinggal seorang diri dan keluarga terdekat berada di kota yang berjauhan. Bagi 80 persen lansia yang tidak mengalami masalah kesehatan atau kendala lain, juga tetap mendapat perhatian agar tetap sehat, produktif, dan mandiri.

“Beberapa pendekatan program bisa dilakukan secara terintegrasi melalui posyandu lansia, bina keluarga lansia, pertemuan rutin untuk olahraga ringan dan kegiatan lain, termasuk memberikan kesempatan bagi lansia untuk mengajar di PAUD dan menceritakan kisah mereka,” paparnya.

Integrasi berbagai program untuk memastikan lansia di Kota Yogya tetap sehat dan produktif tersebut, lanjut Edy, merupakan program yang penting dilakukan karena dimungkinkan jumlah lansia di Kota Yogya bisa semakin bertambah. Saat ini, rata-rata angka harapan hidup di Kota Yogya mencapai lebih dari 74 tahun, yaitu 76 tahun perempuan dan 72 tahun laki-laki.

“Angka harapan hidup yang tinggi ditambah terkendalinya angka kelahiran dengan didukung kondisi kesehatan yang baik, maka dimungkinkan jumlah lansia akan semakin bertambah,” katanya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI