Warga Kini Bisa Cetak Akta Kelahitan Sendiri

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Berbagai dokumen administrasi kependudukan (adminduk) sudah bisa dicetak secara mandiri oleh pemohon. Meski demikian, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogya tetap memberikan kemudahan bagi masyarakat yang kesulitan mencetak mandiri dengan layanan di kecamatan.

Kepala Dindukcapil Kota Yogya Dra ch Lucy Irawati, menjelaskan tidak semua masyarakat memiliki printer serta kertas yang sesuai standar untuk pencetakan dokumen adminduk. “Warga dapat melakukan pencetakan di kecamatan karena sudah difasilitasi dengan mesin printer, kertas yang sesuai dengan aturan, tinta dan fasilitas lainnya,” jelasnya.

Sejumlah dokumen adminduk yang dapat dicetak mandiri oleh pemohon antara lain Kartu Keluarga (KK), surat pindah, dan akta-akta lainnya. Kebijakan cetak mandiri tersebut sebenarnya ditujukan untuk memudahkan masyarakat dan efisiensi pelayanan. Terutama di masa pandemi Covid-19 untuk mengurangi potensi kontak langsung karena bisa meningkatkan risiko penularan.

Lucy menambahkan, pihaknya juga menerapkan pelayanan berbasis daring atau online selama pandemi Covid-19. Warga yang mengakses layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil terlebih dulu harus mendaftar melalui nomor Whatsapp (WA) yang disediakan.

“Pada tahun ini kami juga menyiapkan pertemuan dengan warga dua kali sebulan untuk menginformasikan layanan adminduk. Kami tambah dengan ‘podcast’ untuk kebutuhan sosialisasi dengan berbagai tema,” imbuhnya.

Salah satu tema sosialisasi di antaranya terkait imbauan kepada masyarakat untuk melakukan pemutakhiran data apabila terjadi perubahan biodata, seperti status perkawinan, status pendidikan, dan status lainnya. “Induk dari data kependudukan berada di KK. Pemutakhiran harus dilakukan jika terjadi perubahan biodata. Tujuannya supaya data kependudukan tetap valid,” tandasnya.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Kependudukan Dindukcapil Kota Yogya Bram Prasetyo, mengatakan kemudahan pencetakan dokumen kependudukan juga akan dilakukan dengan menyiapkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Lokasi sekaligus kebutuhannya di Kota Yogya saat ini masih dalam tahap kajian. Sesuai rencana, ADM akan diadakan pada triwulan keempat tahun ini.

Untuk sementara total ada 3 ADM yang akan diwujudkan. Masing-masing dua unit melalui APBD Kota Yogya dan satu unit hasil CSR dari PT Bank BPD DIY. Melalui ADM masyarakat bisa melakukan pencetakan berbagai dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, KK, surat pindah domisili, bahkan diharapkan bisa melakukan pencetakan e-KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA). (Dhi)

BERITA REKOMENDASI