Warga Lereng Merapi Terima Bantuan Masker

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam wadah Palem Community berbagi masker gratis untuk warga Dusun Wonorejo, Ponggol, Randu, Wonokerso. Sebanyak 2500 masker dibagikan untuk warga sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sekaligus jaga-jaga apabila abu Gunung Merapi.

Eko Bagong salah satu perwakilan paguyuban Palem Community mengatakan, berbagi masker ini adalah bentuk solidaritas kami untuk warga dan untuk antisipasi atas pandemi virus Covid-19. “Kami membagikan gratis pada warga, sebagai bentuk kepedulian sekaligus antisipasi,” ungkapnya, Jumat (10/04/2020).

Sementara itu Wantoro salah satu pengurus Palem Community menambahkan, selain untuk antisipasi pandemi covid-19 masker ini juga bermanfaat dan bisa untuk digunakan bila tiba-tiba terjadi hujan abu akibat letusan Gunung Merapi yang sering tidak terduga kejadiannnya. “Seperti hari ini Merapi kembali erupsi, harapannya masyarakat di lereng Merapi siap apabila ada abu,” sambungnya.

Palem Community sendiri merupakan wadah untuk life in, mengajak untuk tinggal dan hidup bersama warga asli lereng merapi yang terletak di desa Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta. Warga masih tetap setia dan teguh dalam menjaga budaya serta kearifan lokal, walau tidak bisa dipungkiri, bahwa lereng Merapi sekarang sudah tersentuh dengan perkembangan serta kemajuan teknologi masa kini.

“Kearifan lokal dan budaya warga lereng merapi ini akan sangat baik kalau dikenal oleh masyarakat secara luas, baik itu masyarakat luar maupun masyarakat yogyakarta sendiri. Kecintaan warga lereng Merapi terhadap daerahnya diwujudkan dengan selalu menjaga dan melestarikan alam dan lingkungannya,” pungkas Wantoro. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI