Warga Papua Serukan Kembali ke Pancasila

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dalam peringatan ke-74 kemerdekaan Indonesia, warga Papua yang ada di Yogya menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk kembali kepada Pancasila. Sebagai dasar negara, Pancasila telah mampu menyatukan bangsa ini dari keberagaman yang ada menjadi satu kekuatan.

"Keberadaan Pancasila tak tergantikan. Pancasila mengajarkan bangsa ini tentang nilai-nilai luhur yang harus diamalkan oleh rakyatnya," kata salah seorang warga Papua, Amos Kareth yang juga Ketua Posko Pemenangan Pancasila wilayah Yogya usai mengikuti upacara bendera memperingati hari kemerdekaan Indonesia di Balaikota Yogyakarta, Minggu (17/08/2019).

Amos Kareth juga mengatakan saat ini nilai-nilai Pancasila sudah bergeser. Krisis moralitas, radikalisme maupun liberalisme perlahan terus muncul karena masyarakat bangsa ini mulai melupakan Pancasila.

"Pancasila harus kita menangkan kembali. Falsafah Pancasila harus dikembalikan seperti yang telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa ini," jelasnya.

Usia 74 tahun bagi kemerdekaan Indonesia menurut Amos Kareth bukanlah waktu yang singkat. Berbagai tantangan dan cobaan dialami bangsa ini, namun Indonesia tetap tegak berdiri menjadi negara yang besar itu tak lain karena adanya Pancasila.

"Jadi kita harus bangun kesadaran masyarakat bangsa ini. Kita harus rekonsiliasi kembali kepada Pancasila dan mengamalkan nilai yang terkandug di dalamnya," pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI