Warga Rusun Jogoyudan Dites Narkoba

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Petugas dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY melakukan razia narkoba di rumah susun (rusun) Jogoyudan Jetis, Senin (29/8/2016). Razia tersebut dilakukan untuk menekan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah Kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Pemberantasan BNNP DIY AKBP Mujiayana yang memimpin langsung razia di Rusun Jogoyudan mengatakan pihaknya sengaja memilih rumah susun lantaran adanya kekhawatiran penyalahgunaan lokasi tersebut untuk para pengguna narkoba. Hal itu pula yang melatarbelakangi razia tersebut diadakan pada hari Senin di mana para pengguna biasa mengkonsumsi narkoba pada akhir pekan.

"Kami sengaja pilih waktu hari Senin karena biasanya orang pakai narkoba di akhir pekan dan kalau di tes awal pekan begini masih ada di urinnya. Kami lakukan cek pada penghuni rusun di pinggiran Code ini karena memang lingkungannya cenderung bebas," ungkapnya.

Tak sedikit warga yang kemudian kaget lantaran petugas tiba-tiba meminta mereka keluar kamar dan melakukan tes urin dengan pendampingan langsung. Namun, dari puluhan sample yang dikeluarkan tak ada satupun yang positif narkoba.

"Kami lakukan tes dan memang tidak ditemukan, semua bersih hanya satu yang positif benzo tapi setelah ditelusuri yang bersangkutan sedang sakit dan mengkonsumsi obat dokter. Kami lakukan hinbauan saja agar antar warga saling menjaga satu sama lain jangan sampai narkoba masuk ke lingkungan rusun mereka," imbuhnya.

Peredaran narkoba sendiri saat ini tak lagi mengenal kelompok tertentu. Semua kalangan dari atas hingga bawah tua dan muda sama-sama rentan terkena penyalahgunaan narkoba tersebut. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI