Warga Sayidan Adakan Lomba ’17-an’ di Kali Code

YOGYA, KRJOGJA.com – Setiap masyarakat mempunyai cara unik untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia seperti warga Kampung Sayidan, Yogyakarta yang mengadakanlomba untuk memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia. Uniknya, lomba diadakan di perairan Kali Code. 

Perayaan 17 Agustus kali ini mengusung tema Sepanjang Sungai Code dengan tagline 'Sayidan bangkit menuju ke Sayidan Maju'. Perayaan tersebut merupakan momen yang tepat untuk mempersatukan warga Sayidan.

"Membentuk kembali rukun kampung (RK) yang telah terpetak-petak pada tahun lalu. Sehingga menjadi momen yang pas untuk menjadi satu di HUT ke 74 RI. Sayidan bisa bersatu kembali," kata Ketua panitia, Andung Agustyantho saat ditemui KRjogja.com di lokasi. Minggu (24/08/19).

Meskipun hari kemerdekaan sudah lewat pada 17 Agustus lalu, namun suasana perayaan masih meriah. Terlebih lagi kegiatan lomba, mereka fokuskan di Sungai Code. "Semua lomba kami fokuskan di air karena mengingat bahwa kondisi wilayah yang ada di Sayidan itu kan wilayah yang sangat sempit dan tidak ada lahan untuk pelaksanaan acara lomba," ucapnya.

Menurutnya, sebelum diadakan lomba di Sungai Code, para warga menggelar kerja bakti massal kebersihan, tasyakuran, hingga upacara bendera. Adapun lomba- lomba dibagi beberapa spesifikasi diantaranya estafet tepung, memasukan jarum kedalam botol. Membawa bola pingpong dengan sendok, sepakbola daster, mewarnai bagi anak anak, lomba voly di sungai, tangkap bebek di sungai, tangkap mentok di sungai, dan panjat pinang. "Semua warga ikut berpartisipasi dalam perlombaan ini. Semuanya antuasias baik anak-anak maupun orang dewasa," tuturnya.

Meskipun lomba di air memiliki resiko, namun Warga Sayidan yang terdiri dari 9 RT dan 3 RW ini nampak antuasi mengikuti perlombaan. Menurut Andung, hal ini membiasakan warga dengan lingkungannya terlebih lagi dengan air. 

"Yang jelas antusias dari anak-anak. Kenapa kita mengadakan di air? Karena air merupakan kebutuhan kita yang utama. Selain itu, kita ingin membuat Sungai Code bisa bersahabat dengan kita. Ketika banjir pum kita sudah siap antisipasi,"pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI