Warga Serbu Layanan Kartu Identitas Anak di Malioboro Mall

Editor: KRjogja/Gus

Bertepatan dengan perayaan hari Selasa Wage di Malioboro, pihak Malioboro Mall bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan CatatanSipil (Disdukcapil) kota Yogyakarta menggelar pelayanan public berupa penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), Rekam KTP elektronik dan Cetak Kartu Keluarga, khusus untuk penduduk Kota Yogyakarta.

Warga tampak antusias dengan diadakannya  program tersebut, terlebih pada layanan penerbitan KIA. Hal ini terlihat dari antrian warga yang mengular di stand KIA semenjak mall dibuka hingga siang hari.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta Bram Prasetya mengungkapkan kekaguman nyatas antusias warga yang dating pada hari itu. “Ini di luarekspektasi kami, karena bayangan kami tidakbakal serama iini. “Kami sampai kaget, wah “beludak” sekali,” tuturnya.

Bram juga menjelaskan bahwa layanan pembuatan KIA juga bias dilakukan di kecamatan. Prosedurnya sangat mudah, cukup sederhana dan pasti dilayani, cukup dengan membawa foto copy Kartu Keluarga, Foto copy Akta Kelahirandan pas foto (2×3) berwarna apabila anak tersebut tidak ikut.

Saat ini Disdukcapil menyediakan layanan kependudukan yang tersebar di 14 kecamatan dan di kantor Dinas. Disdukcapil jugakerap melakukan layanan “jemputbola”ditempat umum seperti pusat perbelanjaan, Taman Pintar, pasar dan di sekolah dasar. Masyarakat juga bias menemui layanan mobilkeliling di Lippo Plaza setiaphariSelasa, Rabu dan Kamis.

“Kami sudahmelakukanlayanan mobile hampir di semua SD yang ada di Kota Yogyakarta dan menerbitkan KIA. Tahun ini ada 32 sekolah dasar dan semua sudah selesai,” jelas Bram. 

“Tahun depan rencana akan kita “sisir” lagi jumlah SD yang tahun ini belum masuk. Kita punya target melayani KIA di 23 sekolah dan tiap tahun terus bergilir,” terangnya kemudian. Bram jugamenerangkan berdasar data kependudukan saat ini jumlah anak di Kota Yogyakarta sekitar 115 ribu anak, dan hingga saat ini Disdukcapil baru bisa melayani sekitar 80% sehingga masih ada “PR” sekitar 20 %.

Jenis pelayanan yang dilakukan olehmobillayanankeliling diantaranya layanan KIA penduduk Kota, Pembuatan KTP pemula, pelayanancetak kartukeluarabaik yang hilang atau tidak. Untuk KTP rusak bisa dilayani dengan pembuatan surat keterangan pengganti KTP, Sebagai bukti identitas KTP yang belum bisa dicetak dengan menggunakan blangko aslinya. (KN)

 

KIA

BERITA REKOMENDASI