Warga Terdampak Bandara akan Disediakan Pemukiman

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Pemda DIY bersama Pemkab Kulonprogo dan Angkasapura I (AP I) menandatangani nota kerjasama terkait penyediaan pemukiman untuk relokasi warga terdampak New Yogyakarta International Airport (NYIA). Nantinya pemerintah yang akan menyiapkan lahan dan pemukiman bagi warga tak mampu yang mendaftar melalui pemkab Kulonprogo.

Sujiastomo pimpinan proyek NYIA mengatakan penandatanganan kerjasama tersebut merupakan langkah nyata percepatan pembangunan bandara yang diharapkan selesai tahun 2019. Menurut dia, pemkab Kulonprogo bersedia memfasilitasi relokasi dengan mempersiapkan tanah yang lokasinya tak begitu jauh di sebelah utara bandara.

"Pemkab menyediakan tanah kas desa dan kami sangat berterimakasih. Kami berharap kerjasama ini bisa mempercepat pembangunan bandara dan tentu saja membuat masyarakat terdampak lebih tenang karena relokasinya akan dipersiapkan," ungkapnya.

Angkasapura menurut Sujiastomo akan menjadi penyedia dana ganti rugi masyarakat untuk nantinya diberikan pada Pemkab Kulonprogo. "Swbagian dana nanti diserahkan pemkab untuk membangun hunian di tanah yang sudah tersedia," imbuhnya.

Penjabat Bupati Kulonprogo Budi Antono menambahkan dalam MoU tersebut disepakati bahwa masing-masing pihak akan saling membantu dalam pembangunan hunian untuk warga terdampak bandara. "Tanahnya sudah ada dan masyarakat sudah mendaftar melalui kepala desa masing-masing, nanti diwujudkan hunian melalui rekompak Rehabilitasi-Rekonstruksi Pemukiman Masyarakat Berbasis Komunitas," ungkapnya.

Sementara Plt Sekda Pemda DIY Rani Sjamsinarsi mengungkap peran Pemda di dalam MoU tersebut yakni sebagai fasilitator antara AP I dan Pemkab Kulonprogo. "Kami sifatnya fasilitator dan memastikan kenyamanan masyarakat Kulonprogo, harapannya nanti Rekompak bisa mendampingi masyarakat membangun hunian," terangnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI