Warga Winongo Ikut Pelatihan Menulis Cerkak dan Geguritan

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai bagian dari upaya pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jawa FKIP UNS mengadakan pelatihan menulis cerita cekak (cerkak) dan geguritan bagi puluhan warga bantaran Kali Winongo. Pelatihan bertujuan meningkatkan nilai tambah di sektor seni kreatif.

Koordinator Kegiatan, Rahmat,SS,M.A Minggu (15/9) menuturkan dalam kegiatan ini sudah dilakukan beberapa kali sebelumnya. Pihaknya menargetkan akan banyak generasi muda yang lebih mencintai dan mengerti budaya dan kesenian Jawa dan menggiatkan gemar menulis.

"Menulis cerkak dan geguritan bisa dimulai dari hal sederhana seperti ungkapan suasana hati, mengamati kondisi sekitar dan sebagainya. Daripada curhat di medsos lebih baik dituangkan dalam bentuk karya. Kedepan kami menargetkan cerkak dan geguritan karya mereka akan dijadikan sebuah buku," ungkapnya.

Ketua Pelaksana Penerima Hibah Kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) 2019, Tya Restha Fitriana, SPd,MA menambahkan pihaknua ngin memberikan nilai tambah berkesenian Jawa dengan pelatihan menulis geguritan, cerkak serta ketrampilan menulis Jawa. 

Ide program, imbuhnya berlatarbelakang keprihatinan lantaran budaya jawa semakin lama semakin tersingkir. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya warga yang kurang mengerti unggah ungguh, tata krama, serta budaya jawa lain pada umumnya. (Aje)

BERITA REKOMENDASI