Warganet Bikin Menu ‘Keripik Bunga Mawar Tabur’

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Warganet, Kamis (28/05/2020) dibuat kebingungan adanya unggahan cara membuat keripik bunga mawar dari sebuah akun twitter @lekesut. Betapa tidak, bunga yang biasanya digunakan untuk menyampaikan rasa bagi lawan jenis dan bunga tabur di pemakaman tersebut diolah untuk menjadi penganan layaknya kripik lainnya.

Biasanya bunga mawar hanya dinikmati pelaku kesenian jathilan. Ketika sedang ‘ndadi’, sang pawang biasanya akan memberikan bunga mawar tabur dan dimakan begitu saja lantaran si senuman jathilan kerasukan roh.

Tapi ternyata, di media sosial dari akun @lekesut diketahui ada warga yang mengkreasi keripik bunga mawar. Keripik ini tetangganya yang bernama Nia. Ia pun mengungkap bahan-bahan yang dibutuhkan hingga cara pembuatan keripik bunga mawar tersebut.

Cara pembuatannya mirip dengan keripik bayam yang lazim dinikmati sebagai penganan. Bunga mawar yang dipakai pun menurut dia seperti mawar biasanya yang biasanya digunakan sebagai bunga tabur di makam.

“Caranya mawar dipisahkan kelopak dari mahkota, dipilih yang kelopaknya besar. Buat adonan tepung beras, tepung kanji, garam, bawang, ketumbar dan air. Tinggal dicampurkan ke mawarnya dan digoreng seperti peyek,” ungkap dia.

Nia sendiri diketahui merupakan warga Bandungan Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Di Bandungan, bunga mawar memang banyak ditemui karena lokasi yang berada di daerah pegunungan dengan suhu sejuk. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI