Waspada Banjir, Ini Pemicu dan Penanggulangnnya Versi BMKG

YOGYA, KRJOGJA.com – Akhir tahun 2018 kali ini dipenuhi dengan berbagai bencana alam yang meenimpa berbagai daerah di Indonesia. Penyebabnya pun beragam muali dari curah hujan yang tinggi, perubahan cuaca yang ekstrem dan fenomena alam lainnya.

Salah satunya adalah bencana alam banjir yang hingga kini masih menjadi momok di tengah masyarakat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat setidaknya terdapat 5 daerah di Indonesia yang terkena banjir selama 10 hari terakhir diantaranya adalah banjir di Kabupaten Aceh Selatan pada 18 Desember, di Kecamatan Siak Hulu, Provinsi Riau pada 13 Desember, hingga banjir di Jalur Pantura Kaligawe, Semarang pada 11 Desember.

Lalu apa sebenarnya faktor penyebab banjir dan apa yang bisa kita lakukan?
Dilansir dari akun resmi BMKG, @infobmkg, faktor penyebab banjir terbagi menjadi dua, yaitu: Faktor Meteorologis meliputi intensitas hujan, distribusi hujan dan durasi hujan.

Adapun faktor lainnya meliputi sifat fisis dari permukaan tanah, kandungan air tanah, buruknya saluran dan resapan air, penebangan pohon secara liar, penurunan tanah, kurangnya kesadaran masyarakat. Akibatnya, banjir berdampak pada kerusakan sarana dan prasarana, pencemaran lingkungan, hingga lumpuhnya aktivitas warga.

Beberapa hal ini dapat kita lakukan untuk menganggulangi banjir diantaranya adalah:
1. Membuang sampah pada tempatnya sehingga penumpukan dan penyumbatan saluran air dapat terhindar.
2. Membuat sumur resapan air. Hal ini berguna untuk mencegah penumpukan volume air terlebih jika intensitas curah hujan tinggi.
3. Menanam pohon disekitar rumah
4. Membersihkan saluran air
Pihak BMKG juga menyampaikan bahwa masyarakat memiliki andil besar dalam pencegahan banjir.  (Nabila Khoirunnisa Harliani)

BERITA REKOMENDASI