Waspada! Hujan-Angin Kencang Masih Berpeluang Terjadi di Jogja

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Minggu (8/12/2019) angin kencang melanda sebagian wilayah DIY dan mengakibatkan beberapa dampak seperti pohon tumbang, terputusnya jaringan listrik hingga rumah dan kendaraan rusak. BMKG pun mencatat kondisi tersebut masih bisa terjadi di wilayah DIY dalam beberapa hari kedepan. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Biwara Yuswantana mengungkap masih ada resiko yang kemungkinan dihadapi masyarakat menghadapi kondisi cuaca. Biwara pun berharap masyarakat mencermati kondisi lingkungan untuk pencegahan atau pengurangan resiko kebencanaan. 

“Kami ajak masyarakat mencermati kondisi lingkungan, manakala ada yang bisa mengancam keselamatan bila ada angin dan hujan lebat, agar dilalukan pencegahan misalnya dengan memangkas atau menebang pohon yang terlalu rimbun, tua atau keropos. Bila hujan deras hindari keluar rumah, lebih baik masuk rumah, pintu jendela ditutup dan pantau perkembangan cuaca,” ungkap Biwara Senin (9/12/2019). 

Ketika sedang dalam perjalanan BPBD DIY juga menghimbau masyarakat untuk berhenti dan berteduh dengan memperhatikan lokasi berteduh. “Jangan di bawah pohon atau papan nama/billboard. Kemudian jangan lupa juga cek kondisi rumah masing-masing seperti atap terutama seng, kanopi atau carport,” sambung Biwara. 

Kejadian Minggu (8/12/2019) tercatat dirasakan di wilayah Sleman, Kota Yogyakarta, Gunungkidul dan Bantul dengan titik mencapai lebih dari 29 di semua wilayah. Dampaknya beragam mulai pohon tumbang menimpa kendaraan dan rumah, tiang listrik roboh hingga menyebabkan terputusnya aliran listrik. 

Meski begitu, tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang terjadi kemarin siang tersebut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI