Wawali Luncurkan Ambulans Garda Wiratama

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Wakil Walikota (Wawali) Yogyakarta Drs Heroe Poerwadi MA meluncurkan armada ambulans Garda Wiratama dan pelaksanaan vaksinasi dosis 2 di Kelurahan Tegalrejo Yogyakarta. Kedua kegiatan tersebut diselenggarakan di kompleks SMPN 7 Yogyakarta, Sabtu (16/10/2021).

Hadir dalam ‘launching’ mobil ambulans Garda Wiratama sejumlah pejabat terkait, di antaranya Oleg Yohan anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Kapolsek Tegalrejo, Danramil Tegalrejo, Kepala Puskesmas Tegalrejo, Kepala KUA Tegalrejo, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogya, Lurah Tegalrejo dan perwakilan masyarakat Hendri Habibi. ‘Launching’ mobil ambulans Garda Wiratama ditandai dengan penyiraman air bunga setaman ke armada ambulans oleh Wawali dan sejumlah pejabat terkait yang hadir dalam kegiatan ini.

Ketua Relawan Garda Wiratama Heru Kuswanto mengatakan, masyarakat yang melakukan vaksinasi dosis 2 ini sekitar 339 orang, yang semuanya merupakan warga masyarakat ber KTP Kelurahan Tegalrejo dan masyarakat yang tinggal di Kelurahan yang sama. Dari jumlah 339 orang tersebut, paling banyak warga yang melakukan vaksinasi dosis 2.

“Tapi ada juga warga yang tidak lolos pada vaksinasi tahap pertama, lantas dibarengkan pada pelaksanaan vaksinasi dosis 2. Warga yang divaksinasi usianya beragam dari usia di atas 12 tahun hingga lansia,” ujar Heru Kuswanto.

Lebih lanjut dikatakan Heru, perihal mobil ambulans Garda Wiratama yang di ‘launching’ Wawali Yogya, berasal dari bantuan masyarakat Kelurahan Tegalrejo. “Ambulans bantuan dari warga Tegalrejo ini nantinya akan digunakan untuk misi kemanusian dan emergency bagi masyarakat Tegalrejo dan sekitarnya,” lanjut Heru.

Sementara Heroe Poerwadi mengemukakan, kegiatan yang diadakan relawan Garda Wiratama ini tentu saja merupakan bagian dari masyarakat yang cepat tanggap terhadap permasalahan yang ada termasuk adanya pandemi ini. Menurutnya keterlibatan masyarakat dalam kegiatan tersebut, sangat penting.

“Banyak orang yang bertanya kenapa Yogya pandeminya cepat melandai (turun), karena masyarakat Yogya selalu terbuka dan transparan dalam mengatasi pandemi covid-19. Modal sosial masyarakat Yogya cukup tinggi dalam pengelolaan sejak dari penyemprotan, vaksinasi, pencegahan,perawatan dan penguburan bagi warga yang meninggal. Adanya keterlibatan masyarakat dalam permasalahan penanganan pandemi ini, merupakan salah satu kunci keberhasilan kita,” ujar Wawali Yogyakarta.

Diakui Wawali, warga Yogya yang telah divaksinasi hampir semuanya. “Kini Kita menunggu bagi masyarakat penyintas dan komorbit, kapan mereka seharusnya untuk di vaksinasi. Untuk pelaksanaan vaksinasi dosis 2 di Kota Yogyakarta ditargetkan selesai Desember 2021 dan vaksinasi dosis 1 ditargetkan selesai Oktober hingga November 2021,” lanjut Wawali. (Rar)

BERITA REKOMENDASI