Wayang Kulit Virtual HUT ke-76 KR Angkat Lakon ‘Sirnaning Memolo’

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Pergelaran wayang kulit HUT ke-76 Kedaulatan Rakyat, Sabtu (25/9), menampilkan dalang Ki Catur Benyek Kuncoro, dengan lakon ‘Sirnaning Memala’. Pergelaran wayang yang didukung sepenuhnya oleh Bank BPD DIY ini dilaksanakan secara virtual lewat Channel YouTube Dalang Seno, Ki Seno Nugroho. Sedangkan tayang ulangnya dapat disaksikan di Channel YouTube Kedaulatan Rakyat TV.

Ketua Panitia HUT ke-76 Kedaulatan Rakyat, Baskoro Jati Prabowo mengatakan, pergelaran wayang ini sengaja diselenggarakan secara virtual karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. ”Meskipun sedang pandemi, KR tetap menyelenggarakan pergelaran wayang kulit. Ini merupakan komitmen KR tetap nguri-uri sekaligus mengembangkan
seni tradisional adilihung,” jelasnya.

Sebelum pergelaran dimulai, dilakukan semaan Alquran di Kantor KR Kalitirto. Sedangkan tausiah disampaikan KH Imam Khoiri SAg MPd dari Kanwil Kemenag DIY.
Mengenai inti lakon Sirnaning Memala, Ki Catur Benyek Kuncoro mengatakan, lakon ini bercerita tentang Negeri Wirata yang sedang dilanda pageblug. Setelah mengetahui sumber pageblug adalah Rajamala, Raja Wirata Prabu Matswapati melakukan upaya untuk memusnahkan Rajamala yang sangat sakti.

Akhirnya Rajamala dapat dikalahkan oleh Jaga Bilawa dan mayatnya dimasukkan ke Sendang Bathari yang telah diberi ubarampe berupa balak racun pemusnah memala yang menyebabkan munculnya pageblug di Wirata. ”Air Sendang Bathari itu bisa juga ditafsirkan sebagai vaksin,” kata Ki Catur Benyek Kuncoro.

KH Imam Khoiri SAg MPd (tengah) memberikan tausiah dalam acara Khataman Alquran Peringatan HUT ke-76 SKH ‘Kedaulatan Rakyat’

yang dihadiri jajaran direksi dan perwakilan karyawan di Percetakan PT BP ‘KR’ di Kalitirto, Berbah, Sleman

BERITA REKOMENDASI